Abbas: Perjanjian Oslo Referensi Kesepakatan Damai dengan Israel

|

Presiden Palestina Mahmud Abbas (Foto: The Guardian)

Abbas: Perjanjian Oslo Referensi Kesepakatan Damai dengan Israel

RAMALLAH - Presiden Palestina Mahmud Abbas mengatakan, Pemerintah Palestina yang akan datang akan menghormati kesepakatan yang telah disetujui oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sebagai referensi kesepakatan damai dengan Israel.

"Pemerintah Palestina selanjutnya akan tetap berkomitmen serta berkewajiban untuk menjaga perjanjian yang ditandatangani oleh Organisasi Pembebasan Palestina," ujar Presiden Palestina Mahmud Abbas seperti dilaporkan WAFA dan dikutip dari AFP, Minggu (19/2/2012).

Seperti diketahui sebelumnya, pada 1993, Presiden Abbas atas nama PLO menandatangani Perjanjian Oslo dengan Israel. Perjanjian ini membuka jalan bagi penciptaan wilayah Palestina yang otonom yang kini dipimpin oleh Abbas.

Namun pernyataan Abbas ini mendapat reaksi keras dari kelompok Hamas. Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan, pernyataan Abbas itu melanggar rekonsiliasi damai antara Hamas dan Fatah yang ditandatangani awal Februari lalu.

"Kami menolak pernyataan Abbas itu. Melalui pernyataannya, Abbas telah melanggar perjanjian karena rekonsiliasi damai Hamas-Fatah menyebutkan, pemerintah Palestina berikutnya adalah pemerintah persatuan nasional. Ini adalah pemerintahan rakyat Palestina, bukan milik kelompok politik tertentu," ujar Abu Zuhri.

Ditambahkan Abu Zuhri, Pemerintah Palestina selanjutnya adalah pemerintahan transisi dengan tugas-tugas yang jelas bukan program politik tertentu.

Sebelumnya Hamas-Fatah telah sepakat untuk menandatangani rekonsiliasi damai yang berlangsung di Doha awal Februari 2012 lalu. Rekonsiliasi damai ini merupakan langkah maju bagi kedua faksi pemerintahan yang kerap bersiteru sejak 2007.

Rekonsiliasi damai di Doha ini menghasilkan keputusan bahwa Presiden Mahmud Abbas akan didaulat untuk memimpin pemerintahan persatuan nasional sementara sebelum pemilu digelar di Palestina.

(mbs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Tangkap 4 Orang Terduga Teroris di Solo