Fauzi Bowo

Fauzi Bowo (ilustrasi okezone)

Fauzi Bowo (ilustrasi okezone)

Fauzi Bowo (Foke) adalah Gubernur DKI Jakarta yang akan kembali maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Ingenieur studi Arsitektur bidang Perencanaan Kota dan Wilayah dari Technische Universitat Braunschweig dan Doktor-Ingenieur dari Universitas Kaiserlautern, Jerman.

Pria kelahian 10 April 1948 ini memulai karirnya sebagai dosen di Fakultas Teknik Universitas Indonesia  (UI). Masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil DKI Jakarta tahun 1977 hingga posisi Sekretaris Wilayah Daerah DKI Jakarta  dari 1998-2002.

Foke sempat menjabat sebagai Wakil Gubernur 2002-2007 mendampingi Sutiyoso dan terpilih sebagai gubernur DKI pada 2007 bersama Prijanto dengan 57,87 persen suara. Tahun ini, Foke berniat maju kembali sebagai orang nomor 1 di DKI.

1.    Visi Misi Fauzi Bowo saat jadi Cagub Jakarta 2007-2012, yaitu

a)    Visi: Jakarta yang Nyaman dan Sejahtera untuk Semua, yaitu Jakarta yang nyaman bermakna terciptanya rasa aman, tertib, tentram dan damai, Jakarta yang sejahtera bermakna terwujudnya derajat kehidupan penduduk Jakarta yang sehat, layak dan manusiawi

b)    Misi: Dalam mewujudkan visi, makan formilasi misi yang digagaskan adalah

1. Membangun tata pemerintahan yang baik dengan menerapkan kaidah-kaidah good governance. Kaidah tersebut dijalankan berdasarkan 10 prinsip yaitu, partisipasi masyarakat, tegaknya supremasi hukum, transparansi, kesetaraan, daya tanggap kepada stakeholders, berorientasi pada visi, akuntabilitas, pengawasan, efektifitas dan efisiensi, profesionalisme.

2. Melayani masyarakat dengan prinsip pelayanan prima bermakna bahwa: dilakukan dengan mengutamakan norma pelayanan yaitu ramah, efisien, bermutu, cepat, transparan, dan berkepastian hukum, pada bidang yang menyentuh kehidupan masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, sosial budaya, keamanan, ketertiban, hukum, sarana dan prasarana kota serta perhubungan dan transportasi

3. Memberdayakan masyarakat dengan prinsip pemberian otoritas pada masyarakat untuk mengenali permasalahan yang dihadapi dan mengupayakan pemecahan yang terbaik dapat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian pembangunan

4. Membangun sarana dan prasarana kota yang menjamin kenyamanan dengan memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan

5. Menciptakan lingkungan kehidupan kota yang dinamis dalam mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan bahwa Jakarta memiliki favorable climate untuk 7 aset kota, yaitu human, social, cultural, intelectual and creative, natural, enviromental, infrastructure.

Semenatara visi misi sebagai Calon Gubernur Jakarta periode 2012-2017 belum sempat diungkapkan Foke. (ded)
(ahm)
berikan komentar anda Lakukan Login untuk Komentar tanpa moderasi.
0 komentardisclaimer
breaking news x