Betawi

|

Pesta Kembang Api di Monas simbol warga Betawi

Betawi
Betawi merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut orang asli Jakarta. Nama Betawi berasal dari kata Batavia (yakni nama Jakarta pada zaman Hindia Belanda) yang didirikan oleh JP Coen pada awal-awal kekuasaan VOC di Hindia.

Lambat laun istilah Batavia bukan hanya digunakan untuk daerah itu saja. Akan tetapi orang yang berasal dari daerah tersebut juga kerap disebut orang Batavia.

Karena kesulitan dalam hal pengucapan, maka masyarakat pribumi menyebut kata Batavia dengan kata Betawi.

Jika membahas tentang Betawi, kebanyakan selalu menimbulkan polemik terkait sejarah, ke-suku-annya, bahkan bahasanya. Karena tidak sedikit yang mempercayai bahwa orang-orang Betawi merupakan hasil dari akulturasi masyarakat luar Jakarta (Jawa, Sunda, Melayu).

Analisa tersebut berdasarkan teori Antropologi yang diterapkan terhadap kondisi sosio kultural serta karakteristik masyarakat Betawi, yang cenderung keras dan sangat berpegang teguh terhadap adat-istiadatnya.

Terlepas bagaimanapun tanggapan orang mengenai Betawi, yang menjadi esensi dari sebuah kepribadian dalam budaya adalah bagaimana menjaga budaya tersebut agar mampu bertahan di tengah derasnya arus hegemoni budaya luar (barat). (ahm)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • kampung kite

      Sejarah Jembatan Lima

      KAMPUNG Jembatan Lima (kini Kelurahan) berada di wilayah Kecamatan Tambora, Kotamadya Jakarta Barat. Asal usul Jembatan Lima merujuk pada lima jembatan yang ada di daerah ini.

    • kampung kite

      Orang Arab di Kampung Krukut

      KAMPUNG Krukut (kini kelurahan) berada di kecamatan Taman Sari, Kotamadya Jakarta Barat. Daerah ini berbatasan dengan Kelurahan Mahpar (di Jalan Gajah Mada), kelurahan Keagungan (di Jalan Kerajinan), Kelurahan Tanah Sereal (di Jalan Tabib III), dan Kelurahan Petojo (Jalan KH Zainal Arifin). Lantas kenapa dinamakan Krukut?

    • kampung kite

      Pasar Boplo & Cikal Bakal Kawasan Elit Menteng

      BOPLO lebih dikenal sebagai nama pasar tradisional di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pasar ini termasuk ramai pada dekade 1970-an lantaran berdiri di dekat pemukiman elit Menteng.

    Baca Juga

    Mayat Korban Pembunuhan Ditemukan di Lapangan Banteng