Malaysia Larang Buku Pendidikan Seks dari Inggris

|

Ilustrasi : IST

Malaysia Larang Buku Pendidikan Seks dari Inggris

KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia melarang penjualan buku pendidikan seks untuk anak yang dirilis oleh seorang penulis asal Inggris. Menurut Malaysia, buku itu sangat bertentangan dengan moral.

Buku berjudul "Where did I come from?" (Dari mana Aku Lahir?) karangan Peter Mayle masih diselidiki oleh otoritas yang berwenang di Negeri Jiran. Buku bergambar itu dirilis pada 1984 silam dan ditujukan untuk menjelaskan anak-anak tentang pendidikan seks, pembuahan, dan kelahiran.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Malaysia, buku itu dapat merusak moral karena ilustrasi-ilustrasinya tergolong cabul.

"Kementerian Dalam Negeri Malaysia memutuskan untuk melarang peredaran buku tersebut karena buku itu memuat elemen yang akan mengancam nilai moral," ujar salah seorang pejabat Malaysia Abdul Rahim Mohamad Radzi, seperti dikutip AFP, Rabu (22/2/2012).

Abdul Rahim mengingatkan bahwa siapapun yang melanggar hukum, akan terancam hukuman penjara selama tiga tahun. Malaysia sendiri umumnya melarang adanya penerbitan buku-buku yang dinilai bersinggungan dengan agama.

Pada November 2011, Malaysia melarang perdaran buku seks khusus perempuan. Hal-hal yang berbau seks juga kerap dianggap sebagai hal tabu yang tidak pantas dibahas. Oleh karena itulah Pemerintah Malaysia mulai memperketat pengawasannya.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dua Gebrakan BNP2TKI Benahi Persoalan TKI