Tiga Tugas Penting Komisi HAM OKI

|

OKI (Foto: Sargar)

Tiga Tugas Penting Komisi HAM OKI

JAKARTA - Komisi HAM Organisasi Konferensi Islam (OKI) akan mendapatkan tiga tugas penting dalam mempromosikan HAM di negara-negara anggotanya. 

Tigas tugas tersebut antara lain, mereka harus membantu negara anggota untuk memenuhi standar HAM, melaporkan catatan HAM dan melakukan pembangunan kapasitas di negara-negara anggota.

"Komisi harus membantu negara anggota OKI memenuhi standar HAM, lalu melaporkan catatan HAM negara-negara tersebut ke komunitas internasional, serta melakukan pembangunan kapasitas negara anggota OKI dengan mengadakan kerja sama dengan sejumlah institusi di negara anggota seperti halnya departemen hukum, kepolisian dan lainnya," ujar pejabat OKI, dalam pertemuan Komisi HAM OKI, di Hotel Aryaduta, Jumat (24/2/2012).

Pembangunan kapasitas merupakan hal yang menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan ini. Karena hal itu dinilai akan menjadi instrumen yang cukup efektif dalam mempromosikan dan menegakkan HAM di negara-negara anggota OKI. 

Sementara itu, Komisioner Mesir juga menekankan pentingnya proses pemberdayaan masyarakat sipil dalam promosi dan penegakkan HAM. 

Mesir menganggap perlu adanya dialog antara pemerintah dan masyarakat sipil, karena masyarakat sipil akan sangat berperan penting dalam pembangunan.

Komisi juga diharapkan bisa menyoroti sikap reservasi dari sejumlah negara anggota OKI terhadap Konvensi HAM PBB. Karena hingga saat ini, masih banyak negara-negara OKI yang belum meratifikasi perjanjian tersebut.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penahanan Pem-bully Jokowi Bisa Ditangguhkan