Kalahkan Rudd, Gillard Pimpin Lagi Partai Buruh

|

PM Julia Gillard (Foto: CBS News)

Kalahkan Rudd, Gillard Pimpin Lagi Partai Buruh

CANBERRA - Perdana Menteri Australia Julia Gillard dilaporkan berhasil memenangkan pemungutan suara dalam Partai Buruh mengalahkan mantan Menteri Luar Negeri Kevin Rudd.

Perdana Menteri perempuan pertama di Australia itu meraih 70 persen suara, mengalahkan Rudd yang hanya mendapatkan 31 persen suara dari 103 anggota Partai Buruh yang duduk di Parlemen Australia. Jumlah suara yang terhitung adalah 102 karena seorang anggota lainnya tidak hadir dalam pemungutan suara itu.

"Dengan ini secara resmi, Saya katakan bahwa Julia Gillard terpilih kembali sebagai Ketua Partai Buruh di Parlemen Australia. Saya pikir ini suasana yang cukup menegangkan," ujar anggota Partai Buruh Chris Hayes seperti dikutip AFP Senin, (27/2/2012).

Pemungutan suara ini dilakukan sebagai upaya untuk mengakhiri krisis dalam Partai Buruh akibat kudeta yang dilancarkan Gillard terhadap pendahulunya Kevin Rudd pada 2010 lalu.

Para pengamat menilai, Rudd yang naik ke tampuk kekuasaan pada 2007 lalu setelah mengakhiri satu dekade kekuasaan konservatif sesungguhnya tidak pernah memaafkan kudeta yang dilakukan Gillard.

Kini setelah kemenangannya, Gillard dipastikan akan merombak total kabinetnya setelah beberapa Menteri yang mendukung Rudd mengundurkan diri. Gillard pun segera mengumumkan siapa yang akan menjadi Menteri Luar Negeri baru, menggantikan Rudd.

Kemenangan yang diraih oleh Gillard tercatat sebagai salah satu kemenangan terbesar yang diraih dalam pemungutan suara di Partai Buruh. Meski kalah, popularitas Rudd di mata rakyat Australia dikabarkan masih jauh lebih populer dibanding Gillard.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ibunda Terdakwa Pelecehan JIS Histeris di Ruang Sidang