Putin: NATO Membajak PBB

|

Foto : Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin (zdlr)

Putin: NATO Membajak PBB

MOSKOW - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menilai sikap Amerika Serikat (AS) dan North Atlantic Treaty Organization (NATO) dalam keamanan global. Putin menganggap NATO sudah membajak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Satu-satunya cara untuk menjamin keamanan global adalah melakukan kerja sama dengan Rusia. Jangan pernah merusak atau memperlemah stabilitas keamanan global," ujar Putin, seperti dikutip Russia Today, Selasa (28/2/2012).

Putin menganggap NATO, khususnya AS terobsesi untuk membuat dirinya menjadi terkalahkan dan berupaya untuk membajak PBB. Putin juga menganggap kebijakan aliansi NATO adalah mentalitas Perang Dingin yang akan merusak keamanan global.

"Tidak ada yang berhak membajak hak prerogatif dan kekuatan PBB. NATO kini berupaya mendapatkan peranan baru di komunitas internasional ini yang sudah melampaui batas, bahkan melebihi kapasitas dari sebuah organisasi aliansi pertahanan," imbuhnya.

Mantan pejabat intelijen Rusia itu menegaskan, peningkatan kekuatan yang berlebihan akan menyebabkan negara-negara lain menjadi merasa terancam. Putin mengutarakan ketidaksetujuannya terhadap NATO.

Selain itu, Putin juga tampak mendukung peningkatan kapabilitas militer China, yang selalu menjadi kekhawatiran bagi AS. Putin yakin, China bukanlah negara yang patut dipandang sebagai ancaman.

Hingga kini, Putin tampak memuji sikap kooperatif China terhadap Rusia yang membuat AS semakin kebingungan.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    AHM Matangkan Rencana Ekspor Motor