"China Mungkin Akan Gunakan Kekuatan Militer"

|

Menhan India AK Antony (Foto: EPA)

NEW DELHI - Sejumlah analis India mengatakan, China mungkin akan menggunakan kekuatan militer dalam perseteruan perbatasan kedua negara terutama di wilayah Arunachal Pradesh atau Ladakh di Jammu dan Kashmir.

"Perbatasan India-China telah stabil dalam beberapa tahun terakhir. Namun China mungkin akan menegaskan klaim teritorial mereka dengan menggunakan kekuatan bersenjata," sebut sebuah laporan dari sekelompok analis yang berusaha menjelaskan kebijakan strategis luar negeri India abad 21 seperti dikutip The Hindu Rabu, (29/2/2012).

Lebih lanjut laporan itu menyebutkan India tidak dapat sepenuhnya mengabaikan serangan militer China di wilayah Arunachal pardesh atau pun di Ladakh.

China dan India mulai terlibat dalam perang kata-kata, ketika Menteri Pertahanan India A.K. Antony mengunjungi sebuah wilayah di dekat perbatasan China.

China menanggapi kunjungan Menlu India itu dengan menegaskan keberatannya atas kunjungan Menhan Antony ke wilayah yang diklaim masih merupakan bagian dari Negeri Tirai Bambu itu.

"Saya terkejut melihat reaksi China, ini tidak bisa diterima. Arunachal Pradesh adalah wilayah kedaulatan India," ujar Antony sekaligus menegaskan, India tidak akan mentoleris intervensi China terhadap wilayah yang menjadi kedaulatannya.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bos Bamboo Spa Sempat Dipaksa Nyengir