Penelitian Harus Aplikatif

|

Image: corbis.com

Penelitian Harus Aplikatif

SEMARANG – Setiap penelitian yang dilakukan oleh dosen di perguruan tinggi harus memiliki beberapa sifat agar manfaatnya dapat dirasakan. Misalnya, memenuhi unsur publikasi dan aplikatif.

Hal ini mengemuka dalam Sosialisasi Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro (Undip), Hibah Penelitian Pemula, Hibah Kompetitif dan Insentif Publikasi Nasional Sumber Dana DIPA PNBP Undip Tahun 2012, kemarin.

Ketua penyelenggara acara, Heru Sutanto mengatakan, peningkatan penelitian di kalangan dosen sangat penting bagi Undip untuk menuju visi menjadi universitas riset.

"Karena itu dilakukan sosialisasi semacam ini agar para dosen mengetahui bahwa penelitian menjadi fokus utama," kata Heru.

Setiap dosen diberikan kesempatan mengusulkan penelitian yang akan didanai pada tahun ini. "Dana yang digunakan untuk penelitian adalah dana PNBP Undip 2012. Sosialisasi mengharapkan partisipasi seluruh dosen untuk memanfaatkannya. Kalau tidak, tahun depan dana penelitian akan dikurangi sebagai konsekuensi tidak maksimalnya pemanfaatan dana," papar Heru.

Ada berbagai macam kriteria penelitian yang ditawarkan kepada para peneliti. Informasi etrsebut pun sudah disampaikan melalui situs LPPM, spanduk, serta surat edaran dekan masing-masing fakultas. Tahun lalu telah disyaratkan sistem penjaminan mutu wajib diterapkan di perguruan tinggi dengan sasaran dan tujuan mengevaluasi antara hasil dan harapan standar penelitian.

"Sasaran dan tujuannya adalah penelitian publikasi internasional, penelitian unggulan, insentif publikasi internasional, dan klinik manuscript dan hibah pembentukan/pengembangan pusat riset menjadi bagian yang dijelaskan pada sosialisasi tersebut," kata Ketua LPPM Undip Imam Ghozali. (susilo himawan/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    UB Borong Juara di Kompetisi Jembatan & Bangunan