Kiat Esemka Tidak Lulus Uji Emisi

|

F: Mesin Esemka (Azwar F/Okezone)

Kiat Esemka Tidak Lulus Uji Emisi
JAKARTA – Hasil pengujian emisi Kiat Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) milik BPPT sudah diumumkan. Hasilnya cukup mengejutkan setelah Kementerian Perhubungan menyatakan Esemka tidak lulus uji emisi.
 
Penyataan tersebut diumumkan Kemenhub setelah BPPT menyerahkan hasil uji emisi. “Esemka dianggap belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup dan masih belum memenuhi ambang batas emisi gas buang,” jelas Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, Kamis (1/3/2012).
 
Dalam uji emisi tersebut, ada angka batasan yang harus dilewati oleh Esemka, terutama mengenai emisi gas buang yang memiliki batas minimum yang telah ditentukan. Ada beberapa tahapan yang lebih diperhatikan, terutama untuk emisi gas buangnya. Dengan demikian, Esemka harus mengulang kembali pengujian emisi.
 
Kegagalan Esemka mengenai uji emisi bukanlah kali pertama yang dialaminya. Esemka pada 2010 lalu juga sempat mengikuti uji emisi yang hasilnya sama seperti hasil yang sekarang dengan pernyataan Esemka belum memenuhi batas emisi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
 
Tidak hanya itu, walaupun hasilnya dinyatakan lulus uji emisi, Esemka juga masih belum bisa dapat menerima sertifikat uji tipe dari Kemenetrian Perhubungan. Sebab, masih ada satu tahapan yang harus dilewati Esemka mengenai uji kelayakan terutama pada lampu depan yang juga sempat mengalami masalah karena kurang memenuhi standar terang yang sudah ditentukan.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Selfie Berhadiah Motor di IMoS 2014