Jadi Sarjana Sebelum 25 Tahun Membuat Sehat

|

Image: corbis.com

Jadi Sarjana Sebelum 25 Tahun Membuat Sehat

SEBUAH gelar sarjana akan meningkatkan kesehatan individu. Kesimpulan ini berdasarkan studi terbaru yang dilakukan peneliti dari University of South Carolina, Katrina Walsemann dan dipublikasikan Jurnal Kesehatan Amerika.

Disebutkan bahwa individu yang mendapatkan gelar sarjana sebelum atau saat usia 25 tahun kemungkinan lebih kecil mengalami kondisi depresi. Selain itu, hal ini berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik saat usia paruh baya.

Kesimpulan didapatkan setelah membandingkan orang yang tidak memiliki gelar sarjana sebelum atau saat usia 25 tahun. Penelitian juga menemukan efek yang sama berlaku untuk individu yang meraih gelar diploma sebelum atau saat usia 25 tahun dan kemudian melanjutkan program kuliah sarjana.

Temuan ini merupakan bukti awal bahwa masa pendidikan berkaitan dengan kesehatan. "Dibutuhkan penelitian lanjutan untuk meneliti pentingnya meraih gelar sarjana setelah pertengahan usia 20-an," ujar Walsemann.

Penelitian dilakukan terhadap data dari 7.179 orang yang berpartisipasi dalam Survei Longitudinal Pemuda Nasional pada 1979. Orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini berusia 14 hingga 21 tahun. Demikian seperti dikutip dari Huffington Post, Sabtu (3/3/2012).

Menurut laporan Badan Pembayaran Pendidikan Perguruan Tinggi (National Longitudinal Survey of Youth), lulusan perguruan tinggi juga memiliki kebiasaan merokok yang lebih rendah dibandingkan orang tanpa gelar sarjana.

Individu dengan gelar sarjana juga lebih mungkin berolahraga secara teratur, 63 persen lulusan perguruan tinggi melaporkan "berolahraga berat" sekali seminggu atau lebih. Sementara lulusan SMA yang berolahraga berat secara teratur hanya 37 persen.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janda Diperas Gara-Gara Foto Bugil di Facebook