KISME untuk Kebangkitan UMKM & Koperasi di Jatim

Salah satu kerajinan buatan anak Indonesia (Foto: Dok Okezone)

KISME untuk Kebangkitan UMKM & Koperasi di Jatim
SURABAYA- Pemerintah pusat mencanangkan agenda untuk kebangkitan ekonomi dan Revitalisasi Koperasi dan UMKM. Untuk menunjang program itu adalah tercetus istilah KISME.

Dengan KISME ini mampu menjadi sebuah momentum untuk menyukseskan agenda agenda tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur Fattah Yasin mengatakan, KISMI adalah Koordonasi, Intergrasi, Sinkroniasai, Monitoring, dan Evaluasi. Dengan demikian terjadi sinkron antara program pemerintah pusat, provinsi, dan daerah.

Termasuk Evaluasi memang perlu dilakukan. Misalnya, untuk membahas Program tahun 2013 tentunya harus ada evaluasi program di 2012, begitu juga selanjutnya. Tak hanya itu, KISME ini juga akan memuat sejumlah usulan-usulan untuk peningkatan UMKM di wilayah, khususnya di Jawa Timur.

Contohnya adalah menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan Infrastruktur. Dalam skala besar tentunya APBD Kabupaten maupun Propinsi tidak mampu mem-backup kebutuhan itu.

Misalnya, Kota Wisata Batu. Tempat ini selain juga menjadi refersensi pariwisata Nasional juga banyak sektor UMKM yang perlu dikembangkan. Tujuannya adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi Mikro di Kawasan tersebut.

Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi akan berupaya agar Kota Batu itu mendapat kucuran APBN, khususnya untuk pengembangan Infrastruktur. Sebab, untuk pembangunan infrastruktur tidak sepenuhnya dicover oleh APBD Kabupaten dan Propinsi.

"Kita inginkan adalah adanya pasar tradisional yang tentu sangat strategis. Sebab, kawasan Malang Raya Khususnya Kota Batu adalah daerah daerah rujukan pariwisata nasional. APBD tidak sampai menjangkau kesana," tukasnya. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Ekbis
      Minggu, 14 September 2014 09:33 WIB

      Harga Sapi Kurban Mulai Merangkak Naik

      Kenaikan harga sapi bervariasi mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta per ekor.

    • Ekbis
      Selasa, 09 September 2014 18:00 WIB

      Kenaikan Cukai Rokok Bisa Jadi Bumerang

      Perusahaan rokok besar seperti PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) saja misalnya, sampai menghentikan kegiatan produksi dua pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) di Jember dan Lumajang.

    • Ekbis
      Jum'at, 15 Agustus 2014 11:07 WIB

      Harga Anjlok, Petani Garam Merugi

      Sejumlah petani garam yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merugi. Pasalnya, harga jual garam hasil panen dibeli di bawah harga pokok penjualan (HPP) yang ditetapkan pemerintah.

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    Baca Juga

    Bersihkan Korupsi, Jokowi Harus Pilih Jaksa Agung dari Eksternal