Sembilan Kabupaten/Kota di Jatim Tak Punya BPBD

|

Ilustrasi longsor, longsor di Makassar (Foto: Andi A/okezone)

Sembilan Kabupaten/Kota di Jatim Tak Punya BPBD
SURABAYA- Provinsi Jawa Timur yang merupakan wilayah rentan terjadi bencana, namun ada sembilan Kabupaten/Kota tidak memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Akibatnya, Badan Nasional Pananggulangan Bencana (BNPB) kesulitan menyalurkan dana untuk pecegahan bencana. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Magetan, Tuban, Kediri, Kota Kediri, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Jember, Kota Malang dan Kota Blitar.

"Tentunya kami kesulitan dalam menyalurkan bantuan untuk pencegahan bencana di wilayah tersebut," kata Kepala BPBD Jatim Sudarmawan.

Karena tidak ada lembaga, maka sistem penyaluran bantuan bersifat Ad Hoc, artinya ketika bencana itu terjadi langsung turun. Tentunya, sudah terjadi beberapa korban. Padahal, konsep pendirian Badan penanggulagan bencana adalah mencegah terjadinya bencana. Sehingga korban jiwa dapat terhidarkan.

Contohnya di Kabupaten Tuban. kawasan tersebut sekira 2010 terjadi bencana banjir yang sangat besar karena salah satu tanggul Bengawan Solo Jebol. Imbasnya sejumlah wilayah tergenang, tentunya kejadian serupa tidak diinginkan untuk terulang lagi.

"Solusinya adalah memperbaiki sejumlah tanggul-tanggul maupun daerah yang rawan jebol. Dengan demikian dibutuhkan lembaga untuk menerima bantuan dari pusat, yakni pembentukan BBD tingkat kabupaten/kota," katanya.

Termasuk pada 2012 ini, berdasarkan perkirana Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan musim hujan akan datang selama 4 bulan saja. Sedangkan sebanyak delapan bulan diperkirakan akan terjadi kemarau.

"Datangnya musim kemarau ini tentu akan berakibat kekeringan. Nah, untuk menjaga hal itu tentunya dibutuhkan pembangunan embung-embaung agar tidak terjadi kekeringan. Sebab, kekeringan ini juga termasuk bencana," tambahnya.

Sementara dari sembilan kabupaten/kota tersebut ada tiga daerah yang sudah melakukan persiapan untuk pembntukan lembaga ini. "Kabupaten Magetan dan Kediri masih diproses di DPRD Setempat dan Kota Mojokerto masih konsultasi dengan BPBD Jatim," tukasnya. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bule Korban Pembunuhan 'Dijenguk' Putranya dari Australia