Esemka Gunakan Alat Penghemat BBM & Penurun Emisi

|

F: Mesin Esemka (Azwar F/Okezone)

Esemka Gunakan Alat Penghemat BBM & Penurun Emisi
SOLO – Esemka Rajawali masih dalam tahap penyempurnaan untuk menurunkan kadar emisi. Esemka akan dipasang alat penghemat bahan bakar Femax dan menyempurnakan pembakaran.

Dengan menggunakan Femax ini, diharapkan pembakaran bisa lebih baik dan gas buang CO2 bisa lebih rendah. Tim teknisi Esemka ini mengklaim emisi bisa ditekan dan turun hingga 60 persen.

Sudah sejak awal pekan ini, Esemka Rajawali mulai dibongkar di Solo Techno Park (STP), Jebres, Solo. Pembongkaran dilakukan secara bertahap dengan memperbaiki setiap komponen mesin. Tim teknisi yang bekerja didatangkan dari PT Tosuro Teknologi Indonesia, sebuah perusahaan asal Cikarang, Jawa Barat, yang menjadi mitra PT SMK, Solo.

Dari proses perbaikan yang dilakukan, untuk sementara diketahui bahwa empat busi yang dipakai ternyata basah. Kondisi busi yang tidak kering ini yang diyakini membuat pembakaran pada mesin tidak maksimal, dan membuat emisi gas buang bertambah.

Dosen Politeknik Manufaktur Ceper, Klaten, yang juga menjadi tim penyempurna Esemka, Joko Istianto mengatakan, alat untuk menghemat BBM sekaligus penyempurna pembakaran adalah Femax Combo.

“Diharapkan dengan adanya alat tambahan ini, dapat meningkatkan akselerasi sampai 15 persen, serta mengurangi emisi gas buang sampai 70 persen. Alat ini dipasangkan pada posisi filter bensin sebelum ke injeksi atau karburator,” jelas Joko Istiyanto.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemerintah Diminta Serius Berantas Narkoba