Diduga Terlibat Penembakan, Gubernur Dicopot

Foto: Getty Images

Diduga Terlibat Penembakan, Gubernur Dicopot
PHNOM PENH - Gubernur Kota Bavet, Kamboja yang diduga terlibat dalam aksi penembakan pekerja tekstil, akhirnya dicopot dari jabatannya. Langkah ini diambil untuk mempermudah penyelidikan.

"Perdana Menteri Hun Sen menandatangani surat pencopotan Gubernur Chhouk Bundit dari jabatannya, agar pihak pengadilan lebih mudah melakukan penyelidikan," ucap Deputi Gubernur Svay Rieng seperti dikutip Xinhua, Jumat (9/3/2012).

Sebelumnya pada 5 Maret lalu, Pengadilan Svay Rieng mengeluarkan pemanggilan terhadap Bundit. Dirinya untuk hadir ke pengadilan untuk dimintai keterangan atas perannya, dalam dugaan penembakan tiga pekerja pabrik tekstil pada 20 Februari lalu.

Hingga saat ini keberadaan Bundit masih tidak diketahui. Belum jelas apakah dirinya kabur keluar dari Kamboja untuk menghindari proses penyelidikan.

Penembakan itu terjadi di wilayah Zona Ekonomi Spesial Manhattan (SEZ) di Bavet, Provinsi Svay Rieng. Saat itu sekira tiga ribu pekerja melakukan aksi protes di tiga pabrik, menuntut kenaikan gaji.

Tiga orang pekerja dilakukan terluka dalam upaya pembubaran aksi protes. Tetapi tidak dijelaskan siapa pelaku penembakan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Sar Kheng menilai bahwa Chhouk Bundit sebagai tersangka utama dalam penembakan ini. Mengingat kapasitas dirinya sebagai kepala pemerintahan setempat yang seharusnya dapat memberikan jaminan keamanan kepada warganya.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Berlatih Jadi Perawat Sejak SMK