facebook pixel

Jerman Siap Bantu Sukseskan Esemka

F: Esemka Rajawali (Genta Wahyu/Okezone)

F: Esemka Rajawali (Genta Wahyu/Okezone)

SOLO - Gagalnya uji emisi yang dialami mobil hasil produksi siswa SMK ini, diam-diam menarik perhatian Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Norbert Baas.

 

Norbert Baas mengaku siap mengirimkan tenaga-tenaga ahli untuk membantu perbaikan dan pengembangan mobil Esemka agar bisa menjadi Mobil Nasional.

 

"Pengembangan otomotif yang dilakukan Kota Solo sangat bagus, saya memberikan apresiasi kepada Pemkot Solo. Kami siap memberikan bantuan pendampingan tenaga ahli bidang otomotif, serta manajemen untuk pengembangan industri otomotif mobil Esemka,"jelas Dubes Jerman untuk Indonesia Norbert Baas, seusai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo, Joko Widodo, di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo, Jum’at (9/3/2012).

 

Pihaknya juga menawarkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, untuk mengirimkan tenaga ahli dari kota ini ke Jerman untuk belajar dengan para ahli otomotif di negara tersebut.

 

Lebih lanjut Norbert juga mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan tim ahli dari negaranya guna mendampingi pembelajaran siswa SMK di bidang otomotif. Tidak hanya untuk merakit mobil, tetapi juga bidang teknologi ramah lingkungan.

 

"Kami juga mengundang Pak Joko Widodo untuk memberikan ceramah di Jerman mengenai kemajuan otomotif di Solo, ” jelas Norbert Baas.

 

Menurut Norbert, gagalnya mobil Esemka dalam uji emisi,bukan disebabkan kualitas mobil Esemka masih kalah jauh dengan mobil buatan pabrik yang memang sudah menjadi bisnisnya. Namun,apa yang dihadapi mobil Esemka ini,hanya membutuhkan penggabungan antara pengetahuan dan teknologi.

 

Menanggapi kesanggupan Jerman untuk memberikan bantuan pendampingan pengembangan mobil Esemka tersebut, Wali Kota Solo, Joko Widodo, mengatakan pihaknya menyambut baik niat tersebut.

 

Tetapi pihaknya harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, sebelum menerima bantuan dari Jerman termasuk kesiapan dari sumber daya manusianya.

(ian)
berikan komentar anda Lakukan Login untuk Komentar tanpa moderasi.
0 komentardisclaimer