Obama-Cameron Berdialog Sambil Makan Sosis

Presiden Obama dan PM Cameron santap sosis (Foto: Reuters)

Obama-Cameron Berdialog Sambil Makan Sosis
OHIO - Hot Dog atau sosis menjadi makanan lezat yang biasa dikonsumsi oleh warga Amerika Serikat (AS). Berkat makanan ini, hubungan bilateral antara AS dan Inggris pun menjadi kuat. Apalagi saat kedua pemimpin negara menyaksikan pertandingan basket sambil menyantap sosis.

Umumnya hubungan spesial Anglo-Amerika ini diwarnai kunjungan resmi yang dipenuhi sampanye, mulai dari mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill ke Gedung Putih pada 1941, hingga Margareth Thatcher pada era 1980-an.

Tetapi pada kunjungan PM David Cameron ke AS saat ini, keadaan justru berubah. Bersama dengan Presiden Barack Obama, PM Cameron duduk bersama sambil menonton pertandingan basket mahasiswa sambil menikmati Hot Dog.

Meski keduanya sibuk menonton pertandingan, Obama dan Cameron pun mendorong perjanjian penting dalam pembagian informasi intelijen. Tetapi bukan informasi intel pada umumnya, melainkan kedua kepala negara sepakat untuk memberi tahu aturan olahraga kegemaran masing-masing.

Cameron akan mengajarkan Obama aturan mengenai cricket, sebaliknya Obama akan mengajarkan Cameron aturan permainan basket. "Dia (Obama) memberikan saya beberapa tips (bermain basket)," ujar Cameron seperti dikutip Guardian, Rabu (14/3/2012).

Sementara Obama menyatakan, "Dia (PM Cameron) akan memberitahu cara untuk bermain cricket. Karena saya tidak tahu apa yang terjadi dalam olahraga itu".
Terlepas dari semua itu, kedua pemimpin amat menikmati pertandingan antara  Mississippi Valley State Delta Devils dan Western Kentucky Hilltoppers di Dayton University di Ohio.

Sambil memakan hot dog, Cameron mengatakan dirinya amat menikmati permainan. "Saya menikmati permainan ini, sangat cepat. Sulit untuk mengetahui siapa yang melakukan kesalahan," ujarnya.

Kedua kepala negara ini memang dikenal sebagai penggemar berat olahraga. Obama diketahui penggemar basket dan membangun lapangan basket di dalam Gedung Putih. Sedangkan Cameron, dikenal sebagai penggemar berat klub sepakbola Inggris, Aston Villa.

Penerimaan hangat dari Obama ini amat berbeda terhadap Perdana Menteri Inggris sebelumnya. Mantan PM Gordon Brown tidak pernah mendapatkan penerimaan seperti ini. Pada suatu saat, Brown dikabarkan pernah melakukan lobi kepada Obama di sebuah dapur di Hotel New York.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pembantu yang Bunuh Balita Sempat Keluhkan Kenakalan Anak