Nama Al Qaeda Sempat Ingin Diubah

|

Osama bin Laden (Foto: Getty Images)

Nama Al Qaeda Sempat Ingin Diubah

WASHINGTON - Dokumen analisis rahasia dari Osama bin Laden yang ditemukan oleh the Washington Post, menyebutkan mantan pemimpin teroris Al Qaeda itu sempat berniat untuk mengubah nama organisasi yang dipimpinnya.

Dokumen itu menunjukan kekhawatiran bentuk serangan yang menewaskan umat Muslim, justru membuat dukungan terhadap Al Qaeda. Osama bin Laden pun menunjukan nama besar jaringan terorisme internasional mulai menurun. 

Atas pertimbangan itu Bin Laden pun sempat mengutarakan pergantian nama Al Qaeda. Dokumen yang diperoleh David Ignatius menunjukkan komentar bahwa setiap ucapan dari Bin Laden tidak sepenuhnya diikuti oleh para pengikutnya.

Dokumen ini pula yang menguak keinginan Bin Laden untuk menyerang Presiden Barack Obama, demi membuat kekacauan di Negeri Paman Sam. Bin Laden menurut dokumen itu memerintahkan komandan perangnya Atiyah Abd al-Rahman, untuk meminta teroris Pakistan Ilyas Kashmiri untuk mengatur serangan tersebut.

"Tolong minta Ilyas untuk mengirimkan kepada saya langkah yang harus dilakukan, agar serangan itu berhasil," tulis Bin Laden kepada Atiyah, dalam dokumen yang diperoleh The Washington Post, Sabtu (17/3/2012).

Dokumen-dokumen analisis rahasia ini ditemukan oleh pasukan AS, dari ribuan data komputer dari tempat persembunyian Bin Laden di Abbottabad, Pakistan. Rencananya beberapa bagian dari data itu akan diumumkan ke publik.

Sementara bocornya dokumen ini kepada The Washington Post ini memang sudah diizinkan oleh pihak Gedung Putih, sempat mendapatkan penolakan dari Wakil Presiden Joe Biden.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    90 Ribu Surat Tilang Beredar Selama Operasi Zebra