Prajurit Pembantai AS Diidentifikasi

|

Sersan Robert Bales (Foto: Yahoo News)

Prajurit Pembantai AS Diidentifikasi

WASHINGTON - Sumber militer Amerika Serikat (AS) memberikan bocoran nama dari pembantaian terhadap 16 warga sipil Afghanistan 11 Maret lalu. Nama prajurit berpangkat sersan itu diketahui Robert Bales.

Sersan berusia 38 tahun tersebut, memang dianggap pelaku tunggal dalam pembantaian warga sipil Afghanistan tersebut. Dakwaan saat ini belum diajukan kepada Bales. Dirinya pun kabarnya sudah diterbangkan menuju penjara Fort Leavenworth, Kansas, AS setelah dipindah ke kuwait dari Afghanistan.

"Saya bisa pastikan nama dari pelaku (pembantaian) adalah Robert Bales," ucap seorang pejabat militer AS yang tidak diketahui namanya, seperti dikutip Yahoo News, Sabtu (17/3/2012).

Pengungkapan identitas Bales ini sepertinya dikeluarkan setelah kritikan dikeluarkan oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai, yang menilai AS tidak melakukan penyelidikan atas insiden pembantaian tersebut. Karzai juga mempertanyakan apakah benar hanya ada satu pelaku dalam kejadian ini.

Pengacara Bales yakni John Henry Browne mengatakan kliennya saat ini masih dalam keadaan terguncang. "Dia masih shock, seperti halnya seekor rusa yang terkena sorotan lampu," tutur Browne.

"Saya memintanya untuk tidak membicarakan mengenai tuduhan (pembantaian) itu. Jadi saya tidak bisa memberikan keterangan bagaimana dia bisa merespons,"ujarnya.

Browne menyebutkan bahwa kliennya tidak senang dengan penugasannya di Afghanistan. Sebelumnya, Sersan Bales memang baru saja menyelesaikan tugasnya di Irak. 

Selain itu, Browne menolak laporan bahwa Bales memiliki masalah dalam pernikahannya, yang juga dianggap menjadi pemicu stress dan berujung pada pembantaian tersebut. 

Browne mengaku tidak mengetahui apakah Bales adalah seorang pemabuk, setelah tersiar laporan bahwa Bales melakukan serangan dalam keadaan mabuk.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Genset di Mal Season City Terbakar, 17 Damkar Dikerahkan