Siswa SMK 2 Wonogiri Ciptakan Alat Pertanian Murah

|

Salah seorang pembimbing menunjukkan hasil karya anak SMK 2 (Foto: Genta/okezone)

Siswa SMK 2 Wonogiri Ciptakan Alat Pertanian Murah

WONOGIRI- Sejumlah SMK di Solo, Jawa Tengah seakan tidak pernah habis untuk menciptakan hal yang bermanfaat. Setelah mobil Esemka, siswa SMK lainnya justeru menciptakan alat memudahkan di bidang pertanian.

Seperti yang saat ini tengah dikembangkan siswa SMK 2 Wonogiri, Jawa Tengah, mereka berkosentrasi menyediakan peralatan pertanian serta kegiatan Usaha Kecil Mandiri.

Sarana pertanian baru yang bakal dibangun SMKN 2 adalah handtraktor.

Keputusan membuat sarana dan prasarana pertanian, diambil melihat geografis kabupaten Wonogiri yang lebih didominan pertanian.

Untuk mewujudkan hasil kreasi para siswa SMK 2 Wonogiri ini, Kepala Sekolah SMK 2 Wonogiri, Dikin, mengaku sudah menggandeng perusahaan pengecoran logam untuk membuat rangka traktor tangan itu.

Karena itu, dia mengatakan belum memastikan berapa estimasi harga yang akan dipasang pada handtraktor SMKN 2.

“Yang pasti, harganya akan jauh berada di bawah harga pasaran meski dari sisi kualitas akan sebanding dengan traktor-traktor yang saat ini ada di pasaran,” ungkap Dikin kepada Okezone, di Wonogiri, Jawa Tengah.

Dikin menceritakan siswa-siswa di sekolahnya selama ini telah menghasilkan beragam peralatan tepat guna untuk kegiatan pertanian dan UMKM. Misalnya, mesin pencacah rumput, mesin perontok padi, mesin perontok jagung, mesin penyayat singkong, mesin pencacah kertas dan mesin penghancur sampah.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Si Jago Merah Mengamuk di Kalideres