April, Kim Jong Un Resmi Ditunjuk sebagai Pemimpin Korut

|

Pemimpin Baru Korut Kim Jong Un (Foto: Reuters)

April, Kim Jong Un Resmi Ditunjuk sebagai Pemimpin Korut

PYONGYANG - Korea utara (Korut) mengumumkan akan mengadakan sidang tahunan parlemen pada April mendatang untuk menunjuk secara resmi Kim Jong Un sebagai pemimpin baru di negara itu.

"Sidang tahunan parlemen akan diselenggarakan pada 13 April mendatang di tengah isu peluncuran satelit ke luar angkasa untuk menandai peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Korut Kim II Sung," tullis Suratkabar Korut KCNA seperti dikutip Reuters Sabtu, (24/3/2012).

Penunjukkan resmi Kim Jong Un sebagai pemimpin Korut itu dinilai akan mengurangi kekhawatiran sejumlah pihak terkait dengan perebutan kekuasaan sepeninggal pemimpin tertinggi Kim Jong II di negeri itu.

Sebelumnya sejumlah pihak menilai Kim Jong Un akan bersikap lebih lunak dalam memimpin Korut setelah menggantikan ayahnya yang wafat pada Desember lalu. Namun pengumuman peluncuran satelit yang akan dilakukan pada April mendatang membantah anggapan tersebut.

Pengumuman Korut yang akan mengatakan akan meluncurkan satelitnya pada April mendatang telah mendapat kecaman dari sejumlah negara, diantaranya Amerika Serikat (AS), Jepang, China dan Korea Selatan.

Bahkan China yang merupakan sekutu utama Korut telah meminta negara itu untuk menahan diri dan tidak gegabah untuk menghindari meningkatnya eskalasi konflik di kawasan Semenanjung Korea.

Persoalan nuklir Korut juga diperkirakan akan menjadi topik utama yang dibahas dalam pertemuan KTT Keamanan Nuklir yang akan diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan pada April mendatang.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat dalam Bak Mandi Korban Pembunuhan