Ford Rancang Kendaraan Tempur Tentara Amerika

|

F: Ford Valanx (inautonews)

Ford Rancang Kendaraan Tempur Tentara Amerika
DETROIT – Tentara Amerika Serikat dikenal mengandalkan High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau dikenal dengan Humvee sebagai kendaraan tempur dan operasional di medan perang. Kini Ford coba membuat saingan Humvee.

Adalah Ford V8 atau disebut Valanx yang diusulkan BAE Systems, Northrup Grumman and Meritor Defenses untuk menjadi kendaraan tempur pasukan Amerika Serikat.

Proposal pengajuan ini diberikan kepada Engineering and Manufacturing Development (EMD) sebagai bagian dari program, Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) atau kendaraan pendukung tempur.

“Kami akan mempertahankan pengembangan teknologi yang terbaik untuk kendaraan EMD kami. Kendaraan ini akan menambah performa di medan perang,” jelas Glenn Lamartin, BAE Systems JLTV Capture Lead.

“Semua kendaraan JLTV digunakan untuk melindungi dan sebagai pertahanan pasukan. Juga bisa menjadi kendaraan pendukung pertempuran di udara dan laut, atau juga melibas medan berat. Yang paling penting, adalah harga yang dan benar-benar kendaraan yang bisa memenuhi kebutuhan pasukan kami baik wanita ataupun pria,” lanjut Glenn.

V8 Valanx akan disematkan mesin diesel Ford Power Stroke 6.7-liter plus turbocharged. Dengan efisiensi bahan bakar dan tenaga serta torsi mesin terbaik di kelasnya, mesin yang sama dirancang untuk truk Ford F-Series Super Duty.

Nantinya, tiga kendaraan akan dipilih oleh pemerintah AS atau Engineering and Manufacturing Development (EMD). Pemenang tender akan diumumkan Juni mendatang.
(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Demokrat: Kebijakan Jokowi Langgar Prinsip Good Governance