Korut Mulai Isi Bahan Bakar Roket

|

Roket yang pernah membawa satelit Korut tahun 2005 (Foto: AP)

Korut Mulai Isi Bahan Bakar Roket

TOKYO - Korea Utara (Korut) dikabarkan mulai mengisi bahan bakar dari roket yang akan digunakan untuk meluncurkan satelitnya. Padahal, dunia internasional meminta Korut untuk menghentikan rencana peluncuran roket itu.

"Peluncuran (roket) sudah semakin dekat. Kemungkinan besar, peluncuran ini akan dilangsungkan pada 12 atau 13 April," ujar seorang sumber Pemerintah Korut kepada Tokyo Shimbun, Kamis (29/3/2012).

Sumber itu juga telah memastikan bahwa Korut mulai mengisi bahan bakar ke roket. Saat ini Korut dikabarkan sudah memindahkan roket itu ke tempat peluncuran roket di Tongchang-ri. 

Menanggapi kabar ini, pihak Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) belum mengetahui tentang kabar tersebut. Mereka tidak menerima informasi bila roket itu telah diisi bahan bakar.

Rencana Korut tersebut memaksa Amerika Serikat (AS) untuk menunda memberikan bantuan pangan kepada Negeri Komunis ini. 

Bagi AS, Korut telah mengingkari janji merela untuk menghentikan peluncuran roket. Hal ini membuat AS tidak lagi mempercayai Negara Komunis itu untuk diberikan bantuan kepada rakyatnya yang membutuhkan.

AS sebelumnya sudah memperingatkan bahwa setiap peluncuran roket apapun, termasuk roket satelit, dapat merusak rencana pemberian bantuan makanan. Namun sepertinya kongres AS sudah menolak rencana pemberian bantuan makanan itu.

Bagi Korut peluncuran roket ini ditujukan untuk kepentingan penelitian. Peluncuran roket dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-100 pendiri Korut, Kim Il-Sung. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tak Akur dengan DPR, Jokowi-JK Rentan Diobok-obok