Jerman Dukung Stabilitas Palestina

|

Menlu Jerman Guido Westerwelle dan PM Palestina Salam Fayyad (Foto: Reuters)

Jerman Dukung Stabilitas Palestina

BERLIN - Jerman mengumumkan dukungannya terhadap stabilitas Palestina melalui kesepakatan kerja sama dalam berbagai bidang antar kedua negara.

Bahkan Dewan Koordinasi Jerman-Palestina telah bertemu dua kali untuk berdiskusi terkait dengan stabilitas Palestina.

Jerman juga mengatakan akan memberikan bantuan senilai 70 juta euro atau sekira Rp857 miliar (Rp12.254 per euro) pada tahun ini. Bantuan itu akan dialokasikan untuk dana pembangunan infrastruktur dan berbagai institusi di Palestina.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan, kesepakatan atas bantuan miliaran euro itu dicapai dalam pertemuan kedua Dewan Koordinasi Jerman-Palestina di Berlin.

"Tujuan kami adalah bagian dari solusi dua negara bagi Palestina. Kami mendukung pembangunan di Palestina tidak hanya secara teoritis namun juga secara praktis. Jerman adalah teman dan mitra bagi rakyat Palestina dan bagi Pemerintahan Palestina di Ramallah," ujar Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle seperti dikutip DW Kamis, (29/3/2012).

Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad sendiri dikabarkan menyambut hangat sikap Jerman, yang mendukung kebijakan dalam menciptakan lembaga-lembaga negara dan menyiapkan infrastruktur bagi masa depan Palestina sebagai sebuah negara.

Namun PM Salam Fayyad juga menekankan perlunya masyarakat internasional memberi perhatian terkait dengan masalah pendudukan yang dilakukan oleh Israel terhadap wilayah Palestina.

"Kenyataannya adalah di Jalur Gaza dan Tepi Barat ada sekira 4,5 juta warga Palestina  yang hidup di bawah  pendudukan oleh Israel dan ini harus segera diakhiri. Kami memiliki konflik politik, itu adalah kenyataan yang harus dihadapi," ujar PM Salam Fayyad.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Yamaha Vino Bermesin Listrik