Spanyol Dilanda Protes, Jalanan Dipenuhi Api

|

Protes Spanyol yang berakhir rusuh (Foto: AP)

Spanyol Dilanda Protes, Jalanan Dipenuhi Api

BARCELONA - Aksi protes berakhir dengan kerusuhan di Spanyol. Para pengunjuk rasa menghancurkan kaca jendela dan menyulut api di sebuah bangunan di Barcelona.

Protes menuntut perbaikan ekonomi di kota terbesar kedua di Spanyol ini awalnya berlangsung damai. Namun, tiba-tiba saja kerusuhan terjadi saat berlangsungnya aksi mogok yang menutup seluruh pabrik yang ada di kota itu.

Keadaan bertambah buruk saat pengunjuk rasa melemparkan batu ke bank yang ada di kota tersebut. Mereka juga menyulut api di sebuah kafe dan menghancurkan toko-toko lainnya. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (30/3/2012).

Akibat peristiwa ini, sistem tranportasi di kota itu lumpuh. Sedangkan operasi rumah sakit juga turut tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Protes juga berlangsung di Ibu Kota Madrid dan beberapa kota lain di Negeri Matador. Mereka menentang rencana pemerintah untuk menaikan pajak dan menggunakannya untuk keperluan negara.

Hingga kini sekira 176 pengunjuk rasa ditangkap di seluruh Spanyol. Sementara 104 lainnya dikabarkan terluka akibat kerusuhan, termasuk 58 orang anggota kepolisian. Belum ada laporan korban luka serius ataupun tewas. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Harus Ditinjau Ulang