Azerbaijan Bantah Israel Miliki Pangkalan di Wilayahnya

|

(Foto: News.az)

Azerbaijan Bantah Israel Miliki Pangkalan di Wilayahnya
WASHINGTON - Kedutaan Besar Azerbaijan di Washington, Amerika Serikat (AS) membantah laporan Majalah Foreign Policy, yang menyebutkan Israel memiliki akses pangkalan udara didekat perbatasan Azerbaijan dengan Iran.

"Saya sangat terkejut membaca sebuah artikel yang sangat provokatif dan tidak memiliki substansi yang ditulis oleh Mark Perry di Majalah Foreign Policy. Penulis telah menyebarluaskan laporan tanpa menyebutkan nama sumber yang jelas dan komentar dari para narasumber terlalu berbelit-belit. Hal ini jelas merusak hubungan persahabatan Azerbaijan dengan Israel. Perry untuk beberapa alasan telah menyamakan makna hubungan rakyat Azerbaijan dengan orang-orang Yahudi sama dengan persiapan serangan militer ke Iran," ujar Konselor di Kedutaan Besar Azerbaijan di Washington Nargiz Gurbanova seperti dikutip Trend Selasa, (3/4/2012).

Ditambahkan Nargiz Gurbanova tuduhan itu tidak masuk akal dari sisi geografis," Azerbaijan tidak berbatasan dengan Israel, lagipula hal itu bertentangan dengan kebijakan Azerbaijan yang tidak mengizinkan penggunaan wilayahnya untuk melancarkan serangan kepada negara tetangga," tambahnya.

Nargiz Gurbanova pun mengatakan, pada faktanya komitmen Azerbaijan untuk mempromosikan perdamaian regional telah dilakukan melalui keterlibatannya dalam pembicaraan yang tengah berlangsung dengan Armenia selama dua dekade terakhir.

"Artikel yang ditulis Perry adalah sebuah fiksi yang menarik. Entah apakah itu disusupi oleh agenda politik tertentu atau semata-mata hanya sebuah imajinasi," tegas Nargiz Gurbanova.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan juga menolak laporan ini. Juru bicara Kementerian Pertahanan Azerbaijan Teymur Abdullayev mengatakan artikel yang ditulis Perry itu tidak berdasar dan adalah bentuk intervensi.

Sebelumnya Kepala Departemen Sosial dan Politik Kepresidenan Azerbaijan Ali Hasanov telah menegaskan wilayah Azerbaijan tidak akan digunakan untuk aksi militer apapun yang bertujuan menyerang Iran. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cuaca Jakarta Bersahabat untuk Pergelaran Maraton