Jalur Pipa Minyak Yaman Diledakan Militan

Foto: Orange

Jalur Pipa Minyak Yaman Diledakan Militan
ADEN - Kelompok militan Yaman mengaku meledakan jalur pipa minyak di selatan Yaman. Serangan ini merupakan yang kedua kalinya terjadi sejak pekan lalu.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk balas dendam atas tewasnya lima tersangka anggota Al Qaeda akibat serangan pesawat pengebom tak berawak Amerika Serikat (AS), Jumat 30 Maret lalu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (3/4/2012), kelompok Ansar al-Sharia, yang selama ini dikenal memiliki kaitan dengan Al Qaeda, mengirimkan pesan bahwa ledakan pipa minyak yang terakhir terjadi ini merupakan bagian dari aksi balas dendam mereka terhadap AS. 

Ledakan yang terjadi Senin malam waktu setempat ini, menyebabkan kebakaran di sekitar jalur pipa minyak tersebut. Pipa minyak tersebut bisa dikatakan penting, karena mengalurkan minyak ke tiga lapangan di Provinsi Shabwa ke kilang minyak Ash Shihr.

Al Qaeda memang memperkuat kekuasaan mereka di wilayah selatan Yaman saat ini. Mereka merebut beberapa kota selama protes anti-pemerintahan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh berlangsung. 

Memanfaatkan kelengahan pemerintah yang lebih fokus mengurusi aksi protes, Al Qaeda terus memumpuk kekuatan mereka di wilayah yang rentan ini.

Meski Saleh sudah mundur dari jabatannya, dan digantikan oleh Abdul-Rabbu Mansour Hadi Februari lalu, kondisi di Yaman masih terus terganggu. 
Ancaman dari Al Qaeda wilayah peninsula bahkan terus membesar. Mereka terus mengincar kota-kota yang tidak diperhatikan oleh pemerintah.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nyolong Spion Mobil Mewah, Dua Pemuda Pengangguran Dibekuk