Korut Akan Gelar Peringatan Ultah yang Luar Biasa

|

Foto : Pemimpin Korut Kim Jong Un (AP)

Korut Akan Gelar Peringatan Ultah yang Luar Biasa
SEOUL - Media Choson Sinbo melaporkan, Korea Utara (Korut) Akan menggelar perayaan ulang tahun ke-100 dari pelopor negaranya Kim Il Sung, dengan perayaan yang luar biasa dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Perayaan ulang tahun ke-100 Kim Il Sung akan digelar pada 15 April. Acara itu seringkali disebut oleh pejabat Korut sebagai peringatan "kebangkitan negara kuat dan makmur."

Media pro-Korut di Jepang, Choson Sinbo melaporkan bahwa Korut akan menggelar festival kebudayaan yang jauh berbeda dibanding yang pernah digelar sebelumnya. Peringatan ulang tahun Kim Il Sung juga akan dilakukan dengan skala besar. Demikian seperti diberitakan Daily Star, Selasa (3/4/2012).

Festival musim semi akan diadakan di Kota Pyongyang pada 11 hingga 19 April dengan dimeriahkan oleh 800 warga Korut. Warga asing juga dikabarkan akan memeriahkan peringatan itu.

Suratkabar Korut Rodong Simun juga menceritakan kemewahan peringatan tersebut, dan menyebutnya sebagai momen kebahagiaan yang belum pernah ada sebelumnya. Mereka juga mengajak warga Korut berbaris di belakang Pemimpin Korut yang baru, Kim Jong Un.

"Dalam sejarah Korut, tidak ada masa yang penting kecuali April 2012. Kami harus memperingati ini sebagai suatu hari raya dan menggelar festival politik yang belum pernah diadakan sebelumnya," demikian seperti yang tertulis di Rodong Simun.

Dalam peringatan itu akan digelar pula proses transisi kekuasaan Jong Un, yang naik tahta setelah ayahnya meninggal dunia pada Desember 2011. Bersamaan dengan itu, Korut juga berniat akan melakukan peluncuran satelit antariksa yang dilengkapi dengan roket jarak jauh. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pawai Tahun Baru Islam, Siswa di Aceh Bawa 'Senjata'