Pengusaha Vietnam Beli Kota Kecil di Amerika

Don Sammons, yang menjual kotanya (Foto: Getty Images)

Pengusaha Vietnam Beli Kota Kecil di Amerika
BUFORD - Sebuah kota kecil di Amerika Serikat (AS) yang memiliki populasi minim, dikabarkan sudah berpindah tangan kepemilikannya kepada dua pengusaha misterius asal Vietnam. Kota itu mereka beli dengan harga USD900 ribu atau Rp8,2 miliar (Rp9.165 per USD).

Kota Buford di Wyoming hanya terdiri dari sebuah rumah yang memiliki tiga kamar, serta satu buah SPBU dan beberapa bangunan kecil lainnya. Luas kota itu diketahui hanya memiliki luas tanah 10 hektare.

Saat dilelang, awalnya kota ini diharga USD100 ribu atau sekira Rp916 juta, namun beberapa lama kemudian harganya pun terus melonjak. Pemenang dari lelang ini tidak diumumkan secara luas oleh panitia lelang. 

Satu-satunya warga yang berdomisili di Buford, Don Sammons, hanya bisa melihat dari pinggiran lokasi lelang. Sammons pindah ke Buford pada 1980, bersama istri dan anaknya. Ketika istrinya meninggal 1995 lalu, anaknya pun pergi keluar dari kota pada 2007. 

Pada 1990, Sammons membeli kota tersebut untuk keluarganya. Melihat tempat tinggalnya dilelang dan akan segera berpindah tangan, Sammons nampak amat sedih.

"Saya harus menghadapi hal ini suatu saat. Hampir separuh hidup, saya tinggal di kota ini. Saya memang amat emosional dan berharap dapat mengatasi hal ini dengan cara yang dewasa," ujar Sammons seperti dikutip CNN, Jumat (6/4/2012).

Sammons mengatakan akan merindukan kota itu. Dirinya sudah membeli sebuah rumah di Windsor, Colorado agar lebih dengan putranya dan berencana untuk menulis buku mengenai 32 tahun keluarganya menempati kota itu. 

Sementara seorang pialang tanah bernama Tonjah Andrews, dikabarkan disewa untuk menjadi perwakilan dari pengusaha Vietnam yang membeli kota ini. 
Andrews menolak untuk menyebutkan nama mereka dan mengatakan, kedua pengusaha itu langsung terbang dari negaranya saat mendengar lelang mengenai kota ini. 
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pembunuh Satu Kelurga di Jombang Pantas Dihukum Mati