Mesir Kerahkan Pasukan ke Sinai

Foto : Polisi Mesir (wn)

Mesir Kerahkan Pasukan ke Sinai
KAIRO - Mesir mengerahkan aparat keamanannya untuk membasmi kelompok militan yang mensabotase pipa gas dan melancarkan serangan roket ke wilayah Israel, Eilat.

Komanan pasukan Mesir Jendral Salah al Masri mengumumkan, operasi pengamanan ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan di wilayah Sinai dan melindungi pipa gas. Masri mengerahkan 150 polisi Mesir ke wilayah tersebut, termasuk pasukan khusus dan unit perangnya.

Israel juga mengizinkan Mesir mengirim tujuh batalion ke Semenanjung Sinai, meski pengerahan pasukan itu merupakan hal yang dilarang dalam perjanjian damai Israel dan Mesir. Demikian seperti diberitakan Haaretz, Minggu (8/4/2012).

Meski demikian, kekhawatiran atas pengerahan pasukan Negeri Piramida sempat muncul. Israel memprediksikan akan adanya ketegangan yang muncul antara Mesir dan warga suku Badui di Sinai.

Pada Kamis lalu, roket meluncur dari Sinai ke resor Israel yang terletak di Kota Eilat. Kecaman-kecaman pun muncul pascainsiden tersebut. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahkan mengatakan Semenanjung Sinai sudah berubah menjadi basis peluncur roket. Negeri Yahudi itu bersumpah akan menghancurkan siapapun yang mengancam keamanan negaranya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel Dan Shapiro juga sudah menganggap wilayah Sinai sebagai sumber ancaman yang cukup berbahaya bagi Israel. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pimpinan DPR Kaji Perubahan Kementerian Jokowi