Mantan Wapres Mesir Calonkan Diri sebagai Presiden

|

Mantan Wakil Presiden sekaligus Kepala Intelijen Mesir Oman Suleiman (Foto: The Guardian)

Mantan Wapres Mesir Calonkan Diri sebagai Presiden

KAIRO - Mantan Wakil Presiden sekaligus Kepala Intelijen Mesir Oman Suleiman dikabarkan akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum presiden yang akan berlangsung bulan depan.

Kabar ini menimbulkan kecaman dari banyak pihak, termasuk calon presiden yang diusung oleh kelompok Ikhwanul Muslim, Khairat al-Shater. Menurut Khairat al-Shater pencalonan Oman Suleiman itu merupakan penghinaan terhadap revolusi Mesir.

"Pencalonan diri Oman Suleiman adalah sebuah penghinaan terhadap revolusi Mesir dan jika itu berhasil maka akan menimbulkan pemberontakan nasional kedua," ujar calon presiden Mesir yang diusung oleh kelompok Ikhwanul Muslim Khairat al-Shater seperti dikutip Reuters Senin, (9/4/2012).

Oman Suleiman sebelumnya sempat menolak untuk mencalonkan diri, namun ia berubah pikiran setelah sekelompok orang yang berunjuk rasa mendesak agar dirinya turut serta dalam pemilu presiden.

Sejak tergulingnya rezim Husni Mubarak, banyak pihak menduga Omar Suleiman akan naik ke tampuk kekuasaan menggantikan Mubarak. Karena selama ini, Omar Suleiman diketahui merupakan sekutu terdekat dari Mubarak dan ia juga dipandang sebagai tokoh sentral selama lebih dari tiga dekade di Negeri Piramida itu.

"Omar Suleiman adalah Mubarak no 2" ujar calon presiden Mesir lainnya Khaled Ali yang diusung oleh kelompok kiri liberal.

Majunya Omar Suleiman dinilai dapat menimbulkan kembali percikan di kalangan kelompok revolusioner untuk melakukan aksi-aksi yang sama pada masa revolusi terjadi di negara itu. Pencalonan diri Omar Suleiman juga menguatkan dugaan bahwa pada jenderal yang berusaha meraih kekuasaan kembali adalah perpanjangan tangan dari rezim Mubarak.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jaksa Agung Harus Mampu Menolak Intervensi Parpol