Tertimbun Salju, 135 Warga Pakistan Dikhawatirkan tewas

|

Tim Evakuasi (Foto: Associated Press)

Tertimbun Salju, 135 Warga Pakistan Dikhawatirkan tewas

ISLAMABAD - 124 tentara dan 11 warga sipil yang terkubur longsoran salju di Pengunungan Himalaya yang berdekatan dengan perbatasan Pakistan-India. Mereka dikhawatirkan tewas setelah lebih dari 24 jam tidak terdapat tanda-tanda bahwa korban selamat.

Menurut Reuters, para korban ini terkubur salju di salah satu kawasan yang paling mengerikan di bumi yakni di dekat Gletser Siachen, Pegunungan Karakoram pada ketinggian 4.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tim penyelamat yang terdiri dari helikopter dan pasukan yang dibantu dengan anjing pelacak telah diterjunkan untuk melakukan proses evakuasi. Meski demikian upaya evakuasi terhalang oleh beratnya medan serta kondisi cuaca yang ekstrem.

Di tengah memanasnya situasi antara Pakistan-Amerika Serikat (AS), Negeri Paman Sam dikabarkan juga turut membantu proses evakuasi dengan mengirimkan sebuah tim penyelamat.

Gletser Siachen yang terletak di ujung utara Kashmir selama ini kerap menjadi wilayah konflik antara militer Pakistan dan India. Kedua negara tetangga ini pun dilaporkan telah sejak lama menyiagakan pasukannya untuk menempati pos militer yang terletak pada ketinggian 6.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Karena ketinggian wilayah itu pula, Siachen dikenal sebagai medan perang tertinggi di dunia. Prajurit militer yang bertugas di kawasan ini pun dikabarkan lebih banyak tewas karena faktor cuaca ekstrem dibanding terlibat dalam sebuah pertempuran.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    KPK Janji Tindaklanjuti Permintaan Ahok soal LHKPN