ITS Bagi Ilmu Pembuatan Paving Block

|

Paving block. (gettyimages)

ITS Bagi Ilmu Pembuatan Paving Block

JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi (HMMT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berbagi ilmu kepada masyarakat Kelurahan Pakal, Benowo, Surabaya mengenai pembuatan alat pencetak paving.

Ketua pelaksana acara Rieco Malik Darmawan menyebutkan, program ini merupakan bentuk kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat. "Kami ingin memberikan kontribusi konkret kepada masyarakat sebagai suatu pengabdian. Kontribusi tersebut direalisasikan melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan di masyarakat," kata Rieco seperti dilansir dari ITS online, Rabu (11/4/2012).

Dalam acara bertajuk Social Development and Technology (Solvent) tersebut berbagai materi praktis disampaikan. Mulai dari pengetahuan seputar bahan adonan dan pengolahan paving yang baik. Selain berbagi materi, panitia juga memperkenalkan alat pembuat paving yang ekonomis.

Alat pembuat paving ini merupakan hasil karya dosen Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Sulistijono. Konsepnya pun sangat sederhana, yaitu dengan tenaga manusia. Penggunaan tenaga manual dinilai sangat ekonomis bagi kalangan masyarakat ekonomi kelas bawah.

"Saat ini masih terbuat dari plat baja, nanti akan dikonversikan dengan Polyvinil Chloride (PVC) atau paralon sehingga menjadi ringan dan murah," ujar Razif Husna Imananda, salah satu narasumber.

Pemilihan masyarakat Pakal bukan tanpa alasan. Dulu, masyarakat Pakal merupakan salah satu produsen paving yang cukup terkenal di Surabaya. Namun, saat ini banyak di antara masyarakat tersebut menutup usaha paving-nya dikarenakan faktor biaya. Oleh karena itu, HMMT berharap agar sosialisasi ini dapat menumbuhkan kembali jiwa kewirausahaan masyarakat dalam memproduksi paving.

Apresiasi positif datang dari sekretaris umum Kelurahan Pakal Muhammad Agus Tofa. Dia berharap, penghasilan masyarakatnya bisa bertambah dengan teknologi baru dan ilmu yang sudah disampaikan. "Semoga acara ini dapat mengembalikan semangat usaha yang sempat hilang," harapnya.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jalani Ritual Khusus, Bahar Ditemukan Tewas di Bak Mandi