Senjata Pemusnah Massal, Wasiat Kim Jong Il

|

Kim Jong Il (Foto: Reuters)

Senjata Pemusnah Massal, Wasiat Kim Jong Il

TOKYO - Seorang aktivis Korea Selatan (Korsel) mengaku memiliki wasiat terakhir dari mantan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Il. 

Wasiat itu menyebutkan Jong Il yang wafat 17 Desember lalu, meminta negaranya untuk mengembangkan senjata pemusnah massal.

"Selalu ingat, bahwa mengembangkan dan memiliki (senjata) nuklir, rudal jarak jauh, serta senjata kimia adalah cara untuk menjaga perdamaian di Semenanjung Korea dan jangan pernah lengah," isi wasiat Kim Jong Il, seperti yang disebutkan kepala lembaga penelitian Korea Selatan NK Strategic Information Service Centre (NKSIS), Lee Yun Keol kepada tabloid Shukan Bunshun, Kamis (12/4/2012).

Lee mengatakan, warisan itu didapatkannya dari seorang yang dekat pejabat tinggi Korut. Tetapi belum dapat dipastikan apakah isi surat warisan itu memang benar adanya.

Lee sendiri tidak bisa memberikan bukti fisik dari surat wasiat tersebut. Bukan tidak mungkin surat wasiat ini merupakan upaya provokasi dari Korsel.

Laporan ini dikeluarkan di saat Korut berencana untuk meluncurkan roket yang akan membawa satelitnya mengorbit di luar angkasa. Peluncuran roket ini dilakukan bersamaan dengan peringatan 100 tahun kelahiran pendiri Korut Kim Il Sung.

Sementara Pemerintah Jepang memprediksikan, Negera Komunis itu nampaknya tidak akan meluncurkan roket jarak jauhnya hari ini karena kondisi cuaca tampak kurang mendukung.

Korut sebelumnya mengatakan, satelit yang membawa roket jarak jauh itu akan diluncurkan antara 12 April dan 16 April pada pukul 07.00 pagi waktu setempat. Hal itu kerap menuai kritik dan kecaman dari negara-negara di dunia ini.

Jepang yang terancam dengan peluncuran roket itu terlihat meningkatkan pertahanannya. Serpihan roket itu dikhawatirkan masuk ke wilayah Jepang, oleh karena itulah Negeri Sakura mempersiapkan diri untuk menembak jatuh roket atau satelit Korut.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Warga Riau Hilang di Perairan Malaysia