Roket Gagal Meluncur, Kim Jong Un Tak Acuh

|

Kim Jong-Un (Foto: Reuters)

Roket Gagal Meluncur, Kim Jong Un Tak Acuh

PYONGYANG - Rencana peluncuran roket oleh Korea Utara (Korut) berakhir dengan kegagalan besar. Hal ini menyisakan rasa malu bagi pemimpin Korut yang baru Kim Jong Un, namun dirinya seperti tidak acuh dengan kegagalan itu.

Peluncuran roket yang juga ditentang dunia internasional ini, menyebabkan Korut mengalami kerugian hingga mencapai USD1 milyar atau sekira Rp9,1 triliun (Rp9.135 per dolar). Belum lagi derasnya kecaman dari dunia internasional, yang menganggapnya telah melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Bagi Kim Jong Un, sedianya peluncuran roket itu akan menjadi perayaan utama dalam peringatan 100 tahun kelahiran kakeknya, Kim Il Sung. Namun, yang terjadi Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) mengumumkan bahwa roket itu gagal meluncur dan hancur berkeping-keping kemudian jatuh ke laut.

Beberapa jam setelah pengumuman dari AS dan Korsel, Negara Komunis itu pun mengakui bahwa roket Unha-3 gagal meluncur dengan sempurna. Sementara satelit yang dibawa roket itu pun gagal memasuki orbit.

Tentunya hal ini membawa rasa malu bagi Korut yang ingin menunjukan kemampuan mereka. Tetapi bagi beberapa warga kegagalan itu tidak menjadi masalah.

"Saya tidak terlalu kecewa. Selalu ada kemungkinan kegagalan. Negara lain seperti China dan Rusia juga pernah gagal," ungkap seorang mahasiswa Korut Kim Kwang Jin seperti dikutip Associated Press, Sabtu (14/4/2012).

Usai kegagalan peluncuran roket itu, Kim Jong Un justru diangkat sebagai Kepala Komisi Pertahanan Nasional. Jabatan ini adalah, jabatan tertinggi terakhir sebagai bagian dari upaya konsolidasi kekuasaan ayahnya, Kim Jong Il yang wafat 17 Desember lalu.

Kehancuran roket itu menunjukan bahwa Korut belum bisa menguasai teknologi luar angkasa, termasuk pula rudal jarak jauh. Tetap saja, kekhawatiran masih terus terbuka dengan laporan bahwa Korut akan segera melakukan uji coba nuklir.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Fadel Muhammad: Ini Intervensi Pemerintahan Jokowi!