Clinton Desak China untuk Tekan Korut

Hillary Clinton (Foto: Reuters)

Clinton Desak China untuk Tekan Korut
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton meminta China untuk melakukan tekanan terhadap Korea Utara. Clinton juga minta China menyampaikan kekhawatiran pihaknya atas peluncuran roket Korut yang gagal.

Clinton dikabarkan sempat menyampaikan permintaannya itu kepada Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi melalui sambungan telepon. 
"Menlu Clinton meminta China untuk mengecam keras tindakan Korut (peluncuran roket)," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Mark Toner seperti dikutip Associated Press, Minggu (15/4/2012).

"Kami meminta China untuk memanfaatkan hubungan yang mereka miliki degan Korut, guna menyampaikan kekhawatiran kami mengenai aksi Korut baru-baru ini," imbuh toner.

China memang dianggap memiliki pengaruh besar terhadap Korut dan AS pun berulang kali mendesak Negeri Tirai Bambu itu untuk mengisolasi dan bertindak lebih keras lagi terhadap Korut. 

Sebelumnya China sempat meluapkan kritikan tajam terhadap Korut terkait dengan peluncuran roket ini. Hal Kritikan terhadap Korut biasanya jarang sekali diutarakan oleh China.

Sementara Korut yang gagal meluncurkan roket mereka, sudah menyelesaikan konsolidasi kekuasaan Kim Jong Un. Putra bungsu Kim Jong Il itu, ditunjuk sebagai Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan diyakini akan melanjutkan kebijakan yang mendahulukan militer seperti yang dilakukan ayahnya.

Beberapa pihak meyakini Korut akan segera melakukan tes nuklir, sebagai upaya menutupi rasa malu mereka atas kegagalan peluncuran roket Unha-3. Tetapi belum dapat dipastikan kapan waktu dari uji coba nuklir itu dilakukan. 
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat dengan Tubuh Hancur Gegerkan Warga