"Kami Tidak Janji untuk Tidak Menyerang Iran"

|

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak (Foto: Daily Star)

YERUSALEM - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan, dialog nuklir yang dilakukan Barat dengan Iran hanya buang-buang waktu. Barak pun menegaskan, Israel tidak akan membiarkan Iran memimpin pembicaraan tersebut.

Ketika disinggung apakah Israel berjanji kepada Amerika Serikat (AS) untuk tidak menyerang Iran selama dialog berlangsung, Barak malah menyatakan Israel tidak pernah memberikan komitmen apa pun terkait masalah ini.

"Kami tidak berjanji tentang apapun. Kami bukan bagian dari dialog internasional itu. Rakyat Amerika mengetahui posisi kami," ujar Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak seperti dikutip Times of Israel Selasa, (17/4/2012).

Barak pun menambahkan, sejak awal Israel meragukan keseriusan Iran dalam dialog yang berlangsung di Istanbul, Turki pada akhir pekan lalu itu. Baginya, upaya yang tengah dilakukan Iran saat ini adalah mengulur waktu untuk terus melakukan pengayaan uranium guna memproduksi bom atom.

"Iran tidak harus menghentikan pengayaan uraniumnya, namun mereka dapat melakukan pengayaan uranium pada tingkat 3,5 persen yang tidak berbahaya. Ini untuk mencegah apa yang terjadi sebelumnya di Pakistan dan Korea Utara," tambah Barak.

Selain itu, Menhan Barak pun mengungkapkan keprihatinannya atas sikap Iran yang menolak penutupan fasilitas nuklir di Kota Suci Qom.

Atas persetujuan semua pihak dialog nuklir antara Iran dengan kelompok P5+1, kabarnya akan dilanjurkan pada 23 Mei mendatang di Baghdad, Irak. Pertemuan ini dilakukan guna mencari solusi atas program nuklir Iran, yang dituding berambisi memproduksi bom atom.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kota Bangalore di India Kini Menjadi Bengaluru