Mahasiswa UR Tak Lagi Meneliti di Bawah Pohon Sawit

|

Ilustrasi: ist.

Mahasiswa UR Tak Lagi Meneliti di Bawah Pohon Sawit

PEKANBARU - Setelah bertahun-tahun hanya belajar agribisnis di bawah pohon kelapa sawit, Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis Universitas Riau (UR) akhirnya memiliki pusat penelitian dan pelatihan.

Kepala Inkubator Fakultas Pertanian UR Syaiful Hadi menyatakan, selama ini para mahasiswa memang belum memiliki tempat penelitian untuk pengembangan ilmu agribisnis. Kini, mereka bebas meneliti di pusat penelitian dan pelatihan yang dibangun bekerja sama dengan PT RAPP ini. 

"Selama empat tahun belakangan ini mahasiswa belajar di bawah pohan sawit saja. Repotnya, jika hujan, mahasiswa berlarian untuk berteduh. Sekarang tidak lagi," kata Syaiful, kemarin.

 

Gedung baru yang dimiliki Fakutas Ekonomi ini berdiri di atas lahan seluas 400 m2. Peresmiannya dihadiri oleh Gubernur Riau Rusli Zainal. Fakultas Pertanian UR sendiri saat ini sedang memfokuskan pengembangan tanaman untuk bibit unggul seperti topas.

"Kemudian kami juga menanam buah naga dan lainnya. Kami tengah mengembangkan agar tanaman yang kami hasilkan berkualitas dan legal," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utaman PT RAPP Kusnan Ramin mengatakan, pembangunan pusat penelitian, pengembangan, dan pelatihan agribisnis ini merupakan bentuk komitmen perusahaan yaitu untuk turut serta mengembangkan dan memberdayakan kapasitas sumber daya manusia terutama masyarakat Riau.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas ini akan terjadi sharing knowledge atau berbagi keahlian guna pengembangan industri agribisnis secara umum dan industri kehutanan (pulp dan kertas) di masa datang, sehingga Indonesia dapat terus menjadi pemain global yang diperhitungkan," kata Kusnan.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kawanan Pencuri Bawa Pikap, Dua Motor Raib