Beasiswa Kedokteran Khusus Santri

|

Image: corbis.com

Beasiswa Kedokteran Khusus Santri

MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) membuka program beasiswa untuk Fakultas Kedokteran khusus alumni pondok pesantren.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Unisma Pardiman, program yang baru dibuka tahun ajaran 2012 ini memang khusus untuk menarik calon mahasiswa dari kalangan pesantren.

Salah satu persyaratannya, kata Pardiman,  adalah mereka harus benar-benar lulusan pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pengasuh pondok pesantren tempat calon mahasiswa itu belajar. "Kami juga tetap melakukan tes bagi mereka yang mengambil beasiswa itu," ujar Pardiman, Kamis (19/4/2012).

Pardiman menjelaskan, program beasiswa ini merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) dan Unisma mendapatkan kuota 40 santri.

Diakui Pardiman, lulusan pesantren yang masuk ke Fakultas Kedokteran sangat minim karena terkendala biaya dan kurang diakomodasi. Padahal, banyak santri yang bercita-cita menjadi dokter. Sehingga, program ini diharapkan dapat membantu peningkatan keilmuan di bidang kedokteran bagi santri.

Menariknya, program beasiswa ini juga mewajibkan santri yang telah lulus kuliah mengabdi di pondok pesantren tempatnya belajar dahulu, minimal dua tahun. Pengabdian ini dimaksudkan untuk membantu warga di sekitar pondok pesantren dan para santri lainnya sebagai salah satu timbal balik bagi pesantren yang telah memberikan rekomendasi.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nekat Nyuri Kotak Amal, Siti Dikeroyok Warga