Iran: Kapal Induk AS Tidak Boleh Berhenti di Area Tertentu

Mayjen Ataollah Salehi (Foto: Taghrib News)

Iran: Kapal Induk AS Tidak Boleh Berhenti di Area Tertentu
TEHERAN - Komandan Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal (Mayjen) Ataollah Salehi mengatakan, Iran telah memberi peringatan kepada dua kapal induk Amerika Serikat (AS) yang berada di kawasan Teluk Persia untuk tidak berhenti dititik tertentu yang telah ditentukan oleh Angkatan Laut (AL) Iran.

"Kami telah memperingatkan kapal induk AS bahwa mereka tidak boleh berhenti pada titik tertentu di kawasan Teluk Persia yang dapat menjadi ancaman bagi Iran, dan mereka menuruti peringatan itu," ujar Komandan Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Ataollah Salehi seperti dilaporkan Fars yang dikutip Trend Kamis,(19/4/2012).

Mayjen Ataollah Salehi juga mengatakan, tindakan AS yang mengirimkan kapal induknya ke kawasan Teluk Persia hanyalah sebuah aksi publisitas yang sama sekali tidak memiliki tujuan militer tertentu.

"Mereka adalah sasaran yang empuk bagi kami," tambah Mayjen Ataollah Salehi.

Sebelumnya pada 9 April lalu AL AS dikabarkan telah mengirimkan dua kapal induknya ke kawasan Teluk Persia, yakni USS Abraham Lincoln dan USS Enterprise.

Tindakan AS ini konon dilakukan untuk menekan Iran menyusul dialog nuklir antara Negeri Persia itu, dengan enam negara besar dunia atau yang disebut dengan kelompok P5+1.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton yang memimpin jalannya dialog nuklir tersebut mengatakan, sejauh ini pertemuan antara Iran dengan negara-negara Barat itu berjalan konstruktif. Dialog kedua pun dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Mei mendatang untuk menemukan solusi damai atas program nuklir Iran. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Versi "Telanjang" Yamaha R25 Lahir Tahun Depan?