Obama Perintahkan Penyelidikan Atas Skandal Foto Pasukan AS

|

Presiden AS Barack Obama (Foto: AFP)

Obama Perintahkan Penyelidikan Atas Skandal Foto Pasukan AS

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dilaporkan telah memerintahkan investasi atas beredarnya sejumlah foto yang memuat gambar pasukan AS tengah berpose di antara potongan-potongan tubuh para pemberontak Afghanistan yang tewas.

"Presiden Obama telah memerintahkan agar dilakukan penyelidikan menyeluruh atas beredarnya sejumlah foto yang memuat gambar pasukan AS, tengah berpose di antara mayat anggota Taliban. Setelah penyelidikan dilakukan, pihak yang terbukti terlibat dalam insiden tersebut akan mendapatkan hukuman," ujar Juru bicara Gedung Putih Jay Carney, seperti dikutip Xinhua Kamis, (19/4/2012).

Ditambahkan Carney, pihaknya sangat menyesalkan keputusan Suratkabar Los Angeles Times yang merilis foto-foto tersebut. Terlebih, foto-foto tersebut dinilai dapat memicu meluasnya sikap anti-Amerika serta membahayakan keberadaan pasukan tempur AS di Afghanistan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta telah lebih dulu mengeluarkan pernyataan maaf atas perilaku tidak pantas yang dipertontonkan oleh pasukannya itu.

Beredarnya foto pasukan AS yang berpose di antara potongan-potongan tubuh para pemberontak Afghanistan ini menambah daftar panjang skandal yang melibatkan pasukan AS di Afghanistan. Sebelumnya, pasukan Negeri Paman Sam itu juga sempat terlibat dalam skandal pembakaran kitab suci Alquran yang memicu kemarahan rakyat Afghanistan.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Malam Tahun Baru, Ormas GPK "Razia" Miras