Masjid Ahmadiyah di Tasikmalaya, Dirusak Massa

Jum'at, 20 April 2012 17:42 wib | Fiddy Anggriawan - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Perusakan masjid Ahmadiyah kembali terulang. Kali ini terjadi di Kampung Babakan Pindan, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol M Taufik, peristiwa terjadi Jumat (20/4/2012) pagi pukul 09.30 WIB.

Insiden diawali oleh kedatangan 80 warga dari beberapa RW di Desa Cipakat yang mendatangi Masjid tersebut. Tujuan mereka untuk menyerahkan surat pernyataan warga kepada pengurus Ahmadiyah setempat.

Dalam surat itu, warga menolak segala bentuk kegiatan Ahmadiyah di wilayah tersebut. Perwakilan rombongan dari warga diterima oleh pengurus Ahmadiyah setempat kemudian mengadakan dialog.

Emosi warga tersulut saat pimpinan jamaah mengatakan menerima kesepakatan tersebut secara pribadi. "Kenapa harus pribadi, kenapa tidak secara kelembagaan atau seluruh umat Ahmadiyah,” ujar Taufik menirukan protes warga.

Teriakan warga pun berbuntut pelemparan batu dan berlanjut pada perusakan. Beruntung, aparat Kepolisian setempat sudah mengawal kegiatan tersebut dan langsung mengamankan situasi.

"Sampai saat ini situasi sudah bisa dikendalikan, jadi setelah salat Jumat juga sudah bisa dikendalikan, dan pengamanan juga dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat, sehingga tidak berkembang. Korban enggak ada hanya kerusakan aja di dalam masjid," terangnya.
(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »