Menlu Utamakan Fakta untuk Selidiki Kematian WNI

Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone)

Menlu Utamakan Fakta untuk Selidiki Kematian WNI
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa menekankan adanya pengumpulan data sangat penting untuk menyelidiki tiga WNI yang tewas di Malaysia. Ada dugaan ketiga WNI itu tewas karena terkait perdagangan organ.

"Perlu ada proses pengumpulan fakta yang utuh terkait insiden tewasnya tiga saudara kita di Malaysia. Kita juga perlu mencari fakta yang jelas tentang adanya bekas-bekas jahitan di tubuh WNI," ujar Marty di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Senin (23/4/2012).

Dalam isu ini, Marty menyebutkan, kerja sama kepolisian antara Malaysia dan Indonesia juga terjalin dengan cukup baik. Hal itu bahkan dilakukan oleh perwakilan-perwakilan kepolisian Indonesia di KBRI Malaysia.

Menlu mengingatkan kembali, ada dua kasus yang muncul dalam isu ini. Yang pertama adalah tewasnya WNI di Negeri Jiran dan yang kedua adalah masalah bekas-bekas jahitan itu. Indonesia juga sangat menyambut proses otopsi di Tanah Air.

Sebelumnya, tiga WNI bernama Herman, Abdul Kadir Jaelani, dan Mad Noon, kembali ke tanah air dengan keadaan mayat penuh dengan jahitan. Kedua mata korban terjahit, ditemukan pula jahitan di dada dan bawah perut korban.

Pihak Kepolisian Malaysia melontarkan keterangan berbeda menyusul kematian ketiga korban yang berprofesi sebagai tenaga kerja ini. Menurut pihak Polisi Negeri Jiran, ketiga korban bermaksud menyerang polisi setempat dengan membawa parang.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janjikan Jimat Penglaris, Dukun Setubuhi Remaja 16 Tahun