Marty: Kita Harus Hargai Italia

|

Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone)

Marty: Kita Harus Hargai Italia

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mengatakan, kita semua harus menghargai Italia yang sedang dilanda krisis ekonomi namun masih tetap berinteraksi dengan negara lain serta ASEAN.

"Saya kira kita harus menghargai Italia,negara yang saat ini sedang menghadapi tantangan ekonomi, namun tetap masih berinteraksi dengan negara-negara di luar kawasan," ujar Marty di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Senin (23/4/2012).

Menurut Marty, hal itu adalah sesuatu yang harus dihargai karena ketika Indonesia dilanda krisis 1998, Indonesia tidak serta merta menutup buku dan politik luar negeri. 

Justru dengan adanya krisis ekonomi yang sulit di dalam negeri dan kawasan, Indonesia mendiversivikasikan hubungan ekonomi dengan negara-negara di kawasan lain.

Menlu menilai, tampaknya Italia sedang merangkul segenap negara-negara yang ada di luar kawasannya untuk memulihkan perekonomiannya yang dilanda krisis. 

Tak lupa, Marty juga menegaskan, setiap kerja sama dengan Italia harus berdasarkan sikap saling menguntungkan.

"Tetapi kita harus cerdas memastikan kerja sama dengan Italia betul-betul saling menguntungkan. Misalnya dengan penanggulangan bencana. Jika kita lihat Indonesia dan Italia adalah negara yang sering mengalami bencana alam," imbuhnya.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kasus Asusila Kepala BPBD Sampang Memalukan