Mantan Petinggi GAM Daftarkan Partai Politik Baru

|

Partai Nasional Aceh (Foto: Salman M/okezone)

Mantan Petinggi GAM Daftarkan Partai Politik Baru

BANDA ACEH - Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dari kubu Irwandi Yusuf hari ini mendaftarkan partai politik baru ke Kanwil Kemenkum HAM Aceh.

Partai lokal bernama Partai Nasional Aceh (PNA) ini ditargetkan bisa menjadi peserta Pemilu 2014. 

"Setelah pendaftaran hari ini, kami akan membentuk tim-tim untuk keperluan verifikasi di tingkat kabupaten/kota sesuai peraturan Kemenkum HAM," kata Ketua Umum PNA, Irwansyah dalam konferensi pers di Aula Kanwil Depkumham Aceh, Selasa (24/4/2012).

PNA adalah partai lokal yang digagas mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf bersama bekas Teuntara Nasional Atjeh (TNA), sayap militer GAM yang pro kepadanya. Irwandi tak hadir saat pendaftaran, dia berposisi sebagai Dewan Pembina PNA.

Menurut Irwansyah, pihaknya sudah melengkapi semua kebutuhan pendaftaran partai, seperti Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, lambang hingga struktur kepengurusan ditingkat pusat hingga kabupaten/kota.

Kehadiran PNA, kata dia, adalah bagian dari membangun demokrasi di Aceh. Jika disahkan nanti, partai ini diharapkan menjadi sebuah wadah pembelajaran politik dan pemersatu bagi rakyat, khususnya bagi orang-orang yang ingin berpolitik praktis.

Irwansyah yang di kalangan GAM dikenal dengan nama Teungku Muksalmina menambahkan, partai ini dibentuk dari hasil musyawarah, bukan keinginan satu orang.

Tujuannya ingin merangkul semua masyarakat, baik yang ada di Aceh maupun di luar Aceh untuk membangun provinsi bekas konflik dan tsunami. 

Irwansyah melanjutkan, PNA juga ingin memperjuangkan orang Aceh yang berada diluar provinsi agar bisa ikut Pemilukada Aceh, karena hak mereka memberi suara untuk daerahnya sekarang tak tertampung.

“Kita berusaha agar orang-orang Aceh yang ada di Provinsi lain juga berhak memberikan suara dalam pemilu,” sebutnya.

PNA juga bertekad memperjuangkan program-program pro rakyat yang pernah digagas Irwandi semasa menjabat gubernur.

Struktur DPP PNA terdiri dari para petinggi GAM. Selain Ketua Umum dijabat Irwansyah yang mantan juru bicara militer GAM, Sekretaris Jendral PNA dijabat Muharram Idris, bekas Panglima Perang GAM Aceh Besar. Wakil Sekjen, Ligadinsyah yang merupakan bekas juru bicara Partai Aceh dan Bendahara Lukman Age, mantan aktivis mahasiswa 98.

Partai ini juga akan membentuk dewan pembina ditingkat nasional, agar mereka bisa berbicara banyak persoalan Aceh ditingkat nasional.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BNP2TKI Kirim Tim ke Mesir Proses Pemulangan TKI Ilegal