Pentagon Bentuk Badan Intel Khusus untuk Iran & China

|

Foto : Pentagon (visitingdc)

Pentagon Bentuk Badan Intel Khusus untuk Iran & China

WASHINGTON - Pentagon membentuk agen intelijen baru yang akan memfokuskan operasinya ke Iran dan China. Misi itu merupakan bagian dari perubahan fokus kebijakan pertahanan Amerika Serikat (AS).

Dinas intelijen khusus yang baru dibentuk itu akan bekerja sama dengan Dinas Intelijen AS (CIA), guna mengawasi munculnya ancaman-ancaman yang baru. Pejabat dari Badan Intelijen Pertahanan AS juga sudah mengumpulkan data-data di luar medan perang dan mulai memperkuat kerja sama dengan CIA dan militer.

Badan intelijen khusus itu diharapkan akan semakin berkembang dan memiliki ratusan agen rahasia dalam beberapa tahun ke depan. Pengumuman akan pembentukan badan intelijen tersebut muncul beberapa pekan setelah Pentagon mengangkat Letnan Jendral Michael Flynn sebagai kepala intelijen di militer AS. Demikian, seperti diberitakan AFP, Selasa (24/4/2012).

Flynn adalah seorang yang sempat berdinas di Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC). Pemilihan Flynn sebagai kepala intelijen militer cukup menuai kritik dari kalangan militer. Flynn juga sempat menjadi kepala intelijen militer AS di Afghanistan pada 2010.

JSOC merupakan pasukan khusus yang sudah membunuh banyak buronan di Irak dan Afghanistan dalam beberapa tahun ini. Mereka juga bergabung dengan pasukan AS yang membunuh Pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden pada Mei 2011 di Abbottabad, Pakistan. Pemilihan Flynn juga dianggap mencerminkan kekuasaan dari kubu pasukan khusus AS.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tugas Besar Rektor Baru UGM