Lagi, 35 Imigran Dikirim ke Rudenim Surabaya

Imigran di Kantor Imigrasi Malang (foto: Hari Istiawan/Okezone)

Lagi, 35 Imigran Dikirim ke Rudenim Surabaya
MALANG - Imigrasi Klas I Malang, Jawa Timur, mengirim 35 imigran asal Afghanistan dan Sudan ke rumah detensi imigrasi (Rudenim) Surabaya, Jawa Timur. Pengiriman itu merupakan kali kedua setelah sebelumnya pihak imigrasi mengirim 30 imigran ke Rudenim Bangil, Pasuruan, Senin kemarin.
 
Berdasarkan fakta di lapangan, total imigran yang ditangkap pada Sabtu lalu, setelah kapal yang mereka tumpangi terdampar, sebanyak 68 orang. Imigran yang sudah dikirim ke Rudenim 65 orang, sehingga terjadi selisih tiga orang dari jumlah imigran keseluruhan.

Diduga, tiga imigran berhasil melarikan diri, mengingat sebagian tahanan tidak hanya diamankan di ruang tahanan Imigrasi tetapi juga di Hotel Nugraha.

Menanggapi dugaan tersebut, Kepala Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Suharno, enggan berkomentar. "Langsung saja ke kepala imigrasi," kata Suharno, Selasa (24/04/2012).

Sebelumnya, sebanyak 68 imigran ditemukan terdampar di Pantai Wonogoro, setelah kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin. Para imigran yang diperkirakan berjumlah 83 orang itu dalam perjalanan menuju Australia untuk mencari suaka politik akibat konflik berkepanjangan di negara mereka.
(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lima Perempuan Belia Terperdaya Janji Kakek 70 Tahun