Korut Miliki Senjata Penghancur AS?

|

Foto: AFP

Korut Miliki Senjata Penghancur AS?

PYONGYANG  - Seorang pejabat militer senior Korea Utara (Korut) sesumbar mengatakan, negaranya memiliki senjata yang mampu menyerang Amerika Serikat (AS). Menurutnya senjata ini fleksibel dan dapat bergerak dengan mobilitas tinggi.

Pada peringatan 80 tahun ulang tahun militer Korut, Laksamana Madya Ri Yong Ho memperingatkan pentingnya Korut bertahanan atas serangan AS dan Korea Selatan (Korsel).

"AS bisa dihancurkan dengan satu sekali serangan," sesumbar Ri Yong Ho, seperti dikutip Associated Press, Rabu (25/4/2012).

Ini adalah bentuk ancaman lain yang diarahkan oleh Korut terhadap lawannya. Sebelumnya pada Senin 23 April lalu, militer Korut mengancam akan melakukan tindakan khusus terhadap Korsel. Mereka mengklaim hanya butuh waktu tiga menit untuk menghancurkan negara tetangganya itu.

Pihak Korut memang tidak pernah segan untuk menunjukkan kebenciannya terhadap Presiden Korsel Lee Myung-Bak. Berulangkali mereka menyebut Lee sebagai sosok pengkhianat.

Selama beberapa bulan terakhir, Negara Komunis tersebut mengkritik Presiden Lee dengan cara yang ekstrem. Negera yang kini dipimpin Kim Jong-Un itu pun bersumpah untuk melakukan Perang Suci dalam menurunkan Lee dari jabatannya.

Kekesalan Korut terhadap Presiden Lee Myung-Bak bukan tanpa sebab. Di mata Korut, Presiden Lee telah menghina perayaan 100 tahun kelahiran pendiri negara mereka, Kim Il Sung.

Lee menyebutkan, seharusnya Korut bisa membelikan 2,5 juta ton jagung untuk rakyatnya bila negara tetangganya menghentikan program peluncuran roket luar angkasa. Program tersebut memang menghabiskan biaya besar, yakni sebesar USD850 juta atau sekira Rp7,8 triliun (Rp9.180 per USD).

Selain itu, Korut juga diyakini memiliki senjata nuklir, tetapi tidak memiliki teknologi yang dapat memasang senjata itu pada roket jarak jauh. Sementara peluncuran roket ke luar angkasa yang dilakukan pada 11 April lalu, berakhir dengan kegagalan. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Truk Tabrak Gerbang Tol, Satu Orang Tewas