Mabes Polri Sementara Setop Produksi Kartu Inafis

Kamis, 26 April 2012 17:12 wib | Rizka Diputra - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Mabes Polri menghentikan sementara pembuatan kartu Inafis. Pembuatan kartu yang bakal dikenakan biaya Rp35 ribu ini terus menuai kritik karena dianggap memberatkan masyarakat.
 
"Kartu Inafis sementara ini kita hentikan dulu pelayananya karena kami perlu mengusulkan kepada pmerintah untuk merevisi PP Nomor 50 tahun 2010 tentang penarikan dana PNBP," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution, di Mabes Polri, Kamis (26/4/2012).
 
Saud menambahkan, program kartu Inafis ini akan tetap dilaksanakan. Namun, pihaknya meminta masyarakat tidak mempermasalahkan Polri soal penarikan biaya.
 
"Jangan dipersalahkan lagi kalau tidak menarik uang karena itu sudah diperintahkan dalam PP 50 tahun 2010. Nanti kami akan diminta pertanggunjawaban uangnya.
Supaya nantinya pengambilan sidik jari tidak dipungut biaya tapi kami tetap akan melakukan pengambilan sidik jari untuk kepentingan penyidikan kami nantinya," terang Saud.
 
Saat disinggung, apakah proyek kartu Inafis ini diperuntukkan bagi para petinggi Polri, Saud membantahnya. "Saya kira itu tidak benar ini proyek petinggi di Polri. Karena awalnya setiap masyarakat yang berurusan dengan kepolisian diambil sidik jari," tegasnya.
 
"Kami dalam rangka proses yang berkaitan dengan kepolisian yang menggunakan sidik jari itu kan dipungut biaya. Selama ini kan diberlakukan secara manual dengan penggunaan AK23. Selama ini data data sidik jari sudah banyak dan tersebar di satuan kepolisian," paparnya lagi.
 
Sehingga, dalam rangka pelayanan kepada masyarakat agar tidak dilakukan pengambilan sidik jari, pihaknya melakukan modernisasi dalam mengeluarkan kartu Inafis tersebut.
 
"Permasalahan kami ini cuma karena ini sudah diatur dalam PP makanya untuk pengadaan barang dan jasa ini menggunakan dana PNBP. Saling menghargai lebih baik dibandingkan hanya bisa menekan," tutupnya.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »