Terpuruknya Nasib TKI Cermin Kinerja BNP2TKI

|

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Terpuruknya Nasib TKI Cermin Kinerja BNP2TKI
JAKARTA - Sebagaimana rekomendasi DPR RI yang dibacakan oleh Timsus TKI pada Desember 2011, maka DPR meminta moratorium pengiriman TKI untuk sementara waktu sampai ada perbaikan sistem. Namun ternyata permintaan tersebut diabaikan BNP2TKI dan Menakertrans.
 
"Sayangnya, Menakertrans dan BNP2TKI memilih unutuk berperan sebagai penyalur tenaga kerja demi pendapatan negara ketimbang berperan sebagai pelindung WNI," kata mantan Wakil Koordinator Timsus TKI DPR RI, Eva Kusuma Sundari melalui pesan singkatnya kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (27/04/2012).
 
Menurut Eva, banyaknya kasus penganiayaan yang dialami oleh TKI merupakan dampak penolakan pengajuan moratorium. Selain itu, pemerintah juga tidak segera melakukan perbaikan sistem penanganan pemberangkatan atau segala hal yang berkaitan dengan TKI dan negara yang dituju.
 
"Terpuruknya nasib TKI merupakan cerminan filosofi kerja dua lembaga tersebut (BNP2TKI dan Kemenakertrans) sebagai profit seekers karena semua rekomendasi DPR diabaikan, moratorium dicabut hanya dengan alasan MoU. Sementara perbaikan di hulu tidak dilaksanakan," imbuhnya.
 
Lebih lanjut anggota Komisi III DPR fraksi PDIP ini juga menambahkan, Pemerintah Indonesia telah bersikap gegabah karena menempatkan warga negaranya di negara yang belum memiliki sistem proteksi warga negara.
 
"PDIP juga mengecam kelalaian negara yang mengirimkan TKI ke negara-negara yang tidak mempunyai sistem proteksi warga negara terutama terhadap pencegahan perdagangan organ," tegasnya.
(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Harus Melindungi WNI di Luar Negeri